Walikota Binjai, Amir Hamzah Hadiri Perayaan Thaipusam

webadmin
webadmin
3 Min Read

BINJAI – Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP beserta Wakil Walikota, H Rizky Yunanda Sitepu, Ketua DPRD Kota Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra, Kapolres Kota Binjai AKBP Hendrick Situmorang, Dandim 0203/Langkat, Letkol Infantri Muhammad Eko Prasetyo, seluruh OPD dan FKPD di jajaran Pemerintah Kota Binjai, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh etnis, menghadiri perayaan puncak Maha Puja Thaipusam ke 143, di Shri Mariaman Kuil, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, Senin (6/2) malam.

Perayaan Thaipusam ini sendiri merupakan ritual Umat Hindu dalam rangka menghormati Dewa Murugan atau Dewa Subramaniam. Tradisi ini juga terkait dengan iman, ketekunan, dan penebusan dosa.

Dalam sambutannya, Walikota Binjai menyampaikan dukungannya terhadap acara tersebut.

Diungkapkan Walikota, bahwa toleransi beragama di Kota Binjai sangat kuat, terbukti dengan meriahnya acara Perayaan Maha Puja Thaipusam yang turut dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh etnis, dan tokoh masyarakat Kota Binjai.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Binjai mendukung penuh atas terlaksananya berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Maha Puja Thaipusam ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, pemerintah Kota Binjai sangat terbuka untuk berkolaborasi, sebab hal ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah Kota Binjai untuk membangkitkan etnis yang berbudaya di Kota Binjai.

“Melalui perayaan Thaipusam ini , saya mengajak seluruh umat Hindu yang ada di Kota Binjai untuk mendukung program pemerintah dengan mewujudkan Binjai yang lebih maju, berbudaya dan religius,” harap Walikota.

Ketua Panitia perayaan Maha Puja Thaipusam, yang juga Ketua Parisadha Hindu Dharma (PHDI), dr Nehru Pillay M Kes, mengapresiasi atas kehadiran Walikota, Kapolres, Dandim, seluruh pimpinan OPD, tokoh masyarakat, tokoh etnis, dan masyarakat yang hadir menyaksikan perayaan Thaipusam.

Dijelaskannya, Shri Mariaman Kuil merupakan kuil tertua di Sumatera Utara yang didirikan pada tahun 1880 M. Dengan perjalanan waktu yang telah dialami tersebut, beragam pengalaman kehidupan telah dijalani oleh Shri Mariaman Kuil.

Melalui simbol kereta kencana yang turut menyertai 143 tahun Shri Mariaman Kuil menjadi suatu nilai menarik tersendiri, karena hingga saat ini penggunaan kereta kencana dalam perayaan Maha Puja Thaipusam hanya dilakukan di Shri Mariaman Kuil.

Puncak perayaan Thaipusam ditandai dengan melepaskan arak-arakan kereta kencana yang membawa arca Dewa Muruga keliling Kota Binjai.
Arak-arakan kereta kencana dipimpin oleh Pinandita Siwa Kumar, SoS, dan diiringi oleh reok ponorogo, barongsai dan lagu-lagu pujian sepanjang perjalanan dari Shri Mariaman Kuil melewati Jalan Ahmad Yani, Jalan Kartini, Jalan Sudirman, Jalan Sutomo balik arah kembali ke Jalan Sudirman, melewati Jalan Mahkamah dan kembali ke Shri Mariaman Kuil.

Turut hadir, Pembimas Hindu Sumatera Utara, Eli Rosa Tarigan, Ketua PHDI Sumatera Utara, Surya, Ketua PHDI Kota Medan, Matha Riswan, serta tamu undangan etnis tamil dari Singapura, Malaysia, dan beberapa negara lainnya. (bay)

Share this Article
Leave a comment