Upacara Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2023

webadmin
webadmin
2 Min Read

Dirmanews.com, Binjai – Wakil Wali Kota Binjai, H. Rizky Yunanda Sitepu S.TP, MP menghadiri Upacara Dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2023, bertempat di Pondok Pesantren Sabilul Mukminin, Jl. Sawi, Lk. I, Kel. Payaroba, Kec. Binjai Barat, Minggu (22/10).

Adapun tema dari Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 ini yaitu “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Rizky Yunanda Sitepu membacakan sambutan Menteri Agama yang didalamnya terdapat maksud dari tema Hari Santri Nasional 2023 ini, bahwa kata “Jihad” dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri.

Sebagai santri, kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari.

Kita harus menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara. Oleh karena itu, mari kita renungkan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari. Perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan

semua bentuk ketidaksetaraan.

Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan. Tentunya, kita juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini. Mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk Kemerdekaan Indonesia.

Semoga peringatan Hari Santri tahun ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama, dan bangsa. (bay)

Share this Article
Leave a comment