Sekda Asahan, Minta Pemuda Ikut Berperan Dalam Pembangunan Desa

admin dirma
admin dirma
4 Min Read

ASAHAN-Mendorong pemuda agar ikut berperan dalam membangunan desa. Pemerintah Desa Bahung Sibatu Batu , Kecamatan Sei Dadap memberikan kegiatan pelatihan bagi para pemuda di desa setempat Selasa (31/12/2019) bertempat di Balai Desa Bahung Sibatu Batu, Kecamatan Sei Dadap.

Pelatihan bagi pemuda esa tersebut mengangkat tema “Peran Serta Generasi Milenial dalam Pilkada, Siap menjadi Sosok Pemuda Intelektual dan Bebas Narkoba menyongsong era Globalisasi”

Kepala Desa Bahung Sibatu Batu Hasan Basri Sinurat diacara tersebut mengatakan, pelatihan dilaksanakan menggunakan dana yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap kedua tahun 2019.

“tpelatihan Kita laksanakan adalah untuk menciptakan para pemuda yang kreatif dalam mendukung berbagai program pembangunan dan kemajuan desa”kata Hasan.

Hasan menjelaskan selain aparatur desa, organisasi kepemudaan desa merupakan salah satu elemen pendukung dalam memajukan desa. Maka dengan adanya pelatihan ini diharapkan pemuda nantinya akan lebih kreatif dalam membuat kegiatan,” jelasnya.

Sebab menurut Hasan, masih banyak persepsi ditengah masyarakat bahwa kegiatan kepemudaan hanya sebatas di bidang olahraga. Maka untuk pemberdayaan pemuda sangat diperlukan.

Apalagi saat ini pemuda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna Desa Bahung Sibatu batu tempat berkumpulnya para pemuda telah didik dan diberikan bekal pelatihan agar lebih kreatif untuk membuat terobosan ataupun inovasi melalui bentuk kegiatan,” terang Hasan.

Lebih lanjut Hasan Basri mengatakan bahwa sumber ekonomi keratif yang dapat dikembangkan oleh para pemuda khususnya di Desa Bahung Sibatu Batu meliputi bidang pertanian dan peternakan.

“ Pertanian dan peternakan adalah merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan oleh pemuda Karang Taruna yang ada di Desa Bajing Sibatu-Batu untuk meningkatkan dan membangun ekonomi kreatif khususnya pada pertanian dan beternak ikan”ungkap Hasan

Oleh karena itu, di era kemajuan teknologi serba digital saat ini, menghimpun akses informasi semakin mudah. Pemuda desa sekarang bisa mengikuti berbagai perubahan zaman, termasuk perubahan pola pikir dan gaya hidup. Ini perkembangan tidak disangka-sangka,pemuda harus kreatif dan inovatif.

Artinya peran pemuda desa sangat perlu dan penting dalam proses pembangunan. Dan apa yang dilakukan pemuda dengan memajukan usaha kreatif, sudah tentu tidak dapat dianggap sebagai kegiatan semata,beber Kades Hasan.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa peran kepemudaan dan organisasi melalui program kegiatannya adalah merupakan bagian dari pengembangan masyarakat,ujar Sekda Taufik

Taufik mengatakan betapa penting peran pemuda guna memahami istilah desa dan pembangunan desa. Terlebih dalam hal melihat interpretasinya dalam mempengaruhi jalan pemikiran para pemuda agar dapat berbuat demi memajukan desa.

Masih dikatakan Sekdakab Asahan Taufik Zainal Abidin, dirinya berharap dengan adanya pelatihan pembekalan bagi para pemuda diharapakan para pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan seperti karangtaruna bisa menciptakan industri kreatif dengan melahirkan lapangan kerja.

“Kita atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung adanya kegiatan program pelatihan bagi para pemuda. Maka melalui kegiatan pelatihan ini kedepannya, Kita berharap para pemuda dapat membuka lapangan kerja di desa dengan menghasilkan sumber pendapatan desa,” harap Sekda.

Dalam kesempatan itu Sekdakab Asahan turut menyerahkan bingkisan kepada Bilal Mayit sebanyak 12 orang, penggali kubur 12 orang, guru mengaji 12 orang, kader posyandu 30 orang, TP. PKK Desa 20 orang.

Selain itu turut menyerahkan kostum dan peralatan tennis meja kepada 6 dusun, menyerahkan kostum volly dan perlengkapannya untuk 6 dusun dan menyerahkan alat Stanting kepada Bidan Desa Bahung Sibatu Batu dan memberikan bantuan santunan kepada anak yatim sebanyak 12 Orang.

Turut hadir dalam acara Asisten Administrasi Umum Khaidir Afrin, SE, beberapa OPD, Kadis Kominfo, Kabag ULP dan Camat Sei Dadap..(Nz)

Share this Article
Leave a comment