Ruas Jalan Dusun Air Raja Semakin Parah Warga Minta Perhatian Bupati Bengkalis

webadmin
webadmin
4 Min Read

Dirmanews.com, Dumai – Warga Dusun Air Raja RT- 007 RW-004 Desa Tanjung Leban Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis mengeluh akibat kerusakan ruas jalan yang semakin parah. Kondisi ruas jalan saat ini bagaikan “kubangan kerbau”. ujar Ardi warga RT-07 RW-04 Dusun Air Raja Minggu, 12 November 2023.

Ardi yang sengaja menemui wartawan media ini, mengatakan bahwa kerusakan ruas jalan Dusun Air Raja telah berlangsung lama, namun belum ada upaya perbaikan dari Pemkab Bengkalis. Oleh sebab itu kami minta perhatian khusus Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni S,Sos untuk memprioritaskan perbaikan dan sekaligus peningkatan ruas jalan yang rusak tersebut, pintanya.

Menurut Ardi bahwa Dusun Air Raja adalah dusun terisolir, perlu perhatian serius Bupati Bengkalis karena satu-satunya akses pintu masuk jalan dari dan menuju Dusun Air Raja untuk memasarkan hasil pertanian warga. Sebab kota yang terdekat untuk memasarkan hasil pertanian warga adalah Dumai dengan jarak tempuh sekitar 30 km, ungkapnya.

Masih kata Ardi bahwa kondisi ruas jalan yang memprihatinkan itu, berdampak terhadap perekonomian warga, harga sembako otomatis meningkat tajam penyebabnya biaya angkutan menjadi mahal, ungkap Ardi.

Jarak Dusun Air Raja Tanjung Leban – Simpang Pawang Liun Pelintung Medang Kampai diperkirakan 17 km, ruas jalan yang masuk Kabupaten Bengkalis 12 km, kondisi ruas jalan Dusun Air Raja belum permanen masih “jalan tanah”, akibat dilalui kenderaan angkutan buah sawit, saat ini badan jalan berlobang sehingga pada saat hujan badan jalan tergenang air, mirip “kolam dadakan”. Bilamana kemarau sepanjang jalan RT-08 RW 04 penuh dengan debu.

Sementara itu mata pencaharian warga Dusun Air Raja adalah petani terdiri dari 380 han KK dalam DPT belakangan ini jumlahnya berkisar 900 san orang, secara keseluruhan merupakan petani pekebun, dan petani kerambah ikan tawar.

Oleh sebab itu lanjut, Ardi warga berharap kepada Bupati Bengkalis secepatnya melakukan perbaikan ruas jalan yang rusak tersebut. Ardi juga menyampaikan kekesalannya terhadap Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso “beliau pernah melakukan kunjungan kerja ke Dusun Air Raja, ketika itu ruas jalan dalam keadaan rusak parah, sama dengan kondisi ruas jalan saat ini” warga berharap sekembalinya Bagus Santoso dari Dusun Air Raja ada secercah harapan kepada Wakil Bupati Bengkalis terhadap kondisi jalan yang rusak tersebut diperbaiki. Namun, sampai hari ini belum ada upaya Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk memperbaiki, sehingga timbul pertanyaan terkait kunjungan kerja wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso.

Berbagai keterangan yang dirangkum media ini menyebutkan bahwa APBD Kabupaten Bengkalis boleh dibilang sangat besar dan setiap tahun terjadi peningkatan, APBD Bengkalis tertinggi Jika dibandingkan dengan Kabupaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Riau. Anggaran pembangunan di Kabupaten Bengkalis besarannya signifikan, namun masih saja ada dusun yang terisolir di Desa Tanjung Leban yakni Dusun Air Raja yang belum menikmati pemeratan pembangunan.

Bahwa APBD Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2023 berdasarkan data diperkirakan sebesar Rp.4,8 triliun, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya 2022 sebesar Rp.3,9 triliun, artinya ada peningkatan APBD yang sangat mencolok, sebesar 20%.

Harapan warga bahwa dengan adanya perbaikan dan atau peningkatan ruas jalan Dusun Air Raja agar hasil pertanian bisa optimal dipasarkan, Bahwa pemerataan pembangunan di Kabupaten Bengkalis kembali kepada keseriusan Pemkab Bengkalis dibawah ke pemimpinan Ibu Kasmarni. S,Sos. (bay)

Share this Article
Leave a comment