Peringati Sumpah Pemuda, PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMKN 1 Binjai

webadmin
webadmin
2 Min Read

Dirmanews.com, BINJAI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai kembali hadir untuk yang kedua kalinya melaksanakan program pelatihan jurnalistik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Binjai, Jalan Samanhudi, Binjai Kota, Selasa (14/11/2023). Program pelatihan jurnalistik kali ini mengambil tema sinergitas pemuda dan jurnalistik dalam rangka menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Binjai, Safaruddin, menjelaskan tujuan kegiatan pelatihan jurnalistik yang diikuti puluhan pelajar ini digelar untuk membangkitkan minat menulis pelajar khususnya di bidang jurnalistik. Sekaligus mengenalkan siswa/i tentang tugas dan kerja seorang wartawan/ reporter.

“Kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda. Oleh karena itu tema kita dalam kegiatan ini adalah sinergitas pemuda dan jurnalistik,” ujarnya.

Safaruddin, mengucapkan rasa terima kasih kepada PWI Binjai yang sudah bersedia hadir memberikan pembekalan materi ilmu jurnalistik kepada para peserta. Beliau berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. 

“Rencananya kegiatan ini kita gelar pada bulan Oktober kemarin. Namun karena ada sesuatu barulah bisa dilaksanakan pada bulan ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Binjai, Arma Delisa Budi dalam sambutannya mengatakan pentingnya pelajar dikenali tentang dunia jurnalistik. Hal ini dilakukan agar mereka mengetahui yang mana produk jurnalistik sehingga terhindar dari jeratan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik.

“Saat ini banyak orang yang terjebak dengan UU ITE. Hal ini lantaran ketidaktahuan masyarakat khususnya para remaja yang hobi dan gemar bermedia sosial. Jadi setiap tulisan di medsos itu bukan produk jurnalistik, jadi siswa-siswi ini juga harus mengetahuinya,” kata Budi dihadapan puluhan siswa-siswi yang hadir mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik.

Turut hadir sebagai pemateri dalam program pelatihan jurnalistik ini, Arma Delisa Budi (Wartawan Realitas), Wardika (Wartawan Analisa), Bayu DA (Wartawan Media24Jam), Syahzara Solihin (Wartawan Metro24) Andi Nainggolan (Wartawan Media Online). (bay)

Share this Article
Leave a comment