Pemko Binjai Kerjasama Dengan JHPIEGO

admin dirma
admin dirma
2 Min Read

BINJAI – Staff Ahli Wali Kota Binjai bidang pemerintahan hukum dan politik Drs. Afwan Apt MM membuka kegiatan workshop dan sosialisasi tentang program Keluarga Berencana pasca persalinan (KBPP) pilihan, kerjasama Pemerintah Kota Binjai dengan Johns Hopkins Program For International Education in Gynecology and Obstetrics (JHPIEGO). Kamis (23/09/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari di Prime Plaza Hotel Kualanamu dari tanggal 23-24 September 2021.

Turut hadir Ketua TP PKK Kota Binjai Dra. Hj. Nurhayati Simanjuntak, Kepala Dinas PPKB Drg. Lilik Roesdawati M.Kes, Kepala Dinas P3AM Rudi Iskandar Baros ST, Kepala BPJS Kota Binjai Mulyana, Senior Program Manager JHPIEGO Damaryanti Suryaningsing, perwakilan Dinas Kesehatan, Perwakilan Kepala Dinas Kominfo dan OPD terkait lainnya.

Kota Binjai adalah salah satu Kota yang mendapat manfaat dari kerjasama dengan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan JHPIEGO tentang program penguatan sistem kesehatan di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi pasca persalinan.

Staff Ahli Wali Kota Binjai mengatakan kegiatan Workshop ini merupakan salah satu upaya Pemko Binjai guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kota Binjai.

Sesuai dengan Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang sudah disepakati ,ada beberapa output yang menjadi focus kita yakni :
a. Mengembangkan pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dalam pelayanan konseling dan KBPP
b. Mengindentifikasi adanya fungsi tim jaga mutu ditingkat fasilitas kesehatan Kota Binjai dalam memperkuat program KBPP
c. Mengindentifikasi adanya fungsi pokja Kota Binjai dalam memperkuat program KBPP
d. Mengindentifikasi fasilitas kesehatan sebagai awal jaringan fasilitas kesehatan yang dapat memperkuat program KBPP.

“ saya berharap dalam kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang cukup bagi peserta untuk mengedukasi masyarakat agar mengetahui intervensi program KBPP pilihan beserta konsep implementasinya, harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Binjai menyampaikan ucapan terimakasih kepada JHPIEGO. Ia juga mengatakan kegiatan ini adalah salah satu bentuk dukungan pemko dalam program keluarga berencana.

“ Pemko Binjai terus berkomitmen mendukung dan mewujudkan visi misi Kota Binjai melalui program keluarga berencana pasca persalinan (KBPP) sesuai dengan yang diharapkan, ujarnya.(nov)

Share this Article
Leave a comment