Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Binjai Tahun 2024

admin dirma
admin dirma
2 Min Read

BINJAI – Mewakili Wali Kota Binjai, Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan dr. Heri Hendri buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintahan Daerah Kota Binjai tahun 2024, di Aula Pemko Binjai, Selasa (17/1). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Binjai Ir. Muhammad Syarif Sitepu, para narasumber diantaranya Kepala Bappeda Kota Binjai Majid Ginting, S.Sos., M.Si., perwakilan Bappelitbang Provsu Ronny Iswandy, SE., M.Si., Kepala Biro Organisasi Sumut Endang, S.Sos., para ketua komisi DPRD Kota Binjai, pimpinan OPD Pemko Binjai, Camat serta para Lurah di Kota Binjai. 

“Rapat konsultasi publik yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu tahapan dari rangkaian penyusunan RKPD Kota Binjai tahun 2024, yang bertujuan memperoleh masukan dan saran dari para pemangku kepentingan,” ucap dr. Heri Hendri.

Ia menambahkan, konsultasi publik ini juga dimaksudkan untuk menyamakan persepsi semua stakeholder terhadap pedoman pembangunan daerah. Sehingga tercipta keserasian yang konsisten antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan daerah Kota Binjai. 

Program prioritas tahun 2024 yang disusun diantaranya peningkatan kualitas pelayanan publik dengan pola pelayanan prima; peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dan sistem layanan yang terintegrasi; peningkatan keterbukaan informasi dan pelayanan publik; membangun aparatur sipil negara (ASN) yang memiliki kompetensi dan berintegrasi, dan peningkatan sistem akuntabilitas melalui integrasi sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja. 

Rencana tema pembangunan yang diambil pada periode RPJMD tahun ketiga adalah “Peningkatan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan yang Akuntabel Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi”. Tema ini juga digunakan untuk pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2024 mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kota pada Maret mendatang. 

“Saya berharap forum konsultasi publik hari ini dimanfaatkan untuk memberi sumbangsih saran dan masukan positif guna menyempurnakan rancangan awal RKPD Kota Binjai tahun 2024,” jelasnya pula.

Ia pun meminta seluruh pimpinan OPD dan stakeholder untuk berpikir terbuka dan inovatif. Sebab, RKPD harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor, sehingga penyelenggaraan pembangunan daerah pada tahun 2024 akan lebih terarah dan terukur serta mampu menjawab permasalahan dan isu-isu strategis yang ada. (bay)

Share this Article
Leave a comment