Audit Kasus Stunting di Kota Binjai

webadmin
webadmin
2 Min Read

BINJAI – Wakil Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, STP., MP., secara resmi buka kegiatan audit kasus stunting bersama tim pakar dan tim teknis di Aula Pemko Binjai, Senin, 29 Agustus 2022. 

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Binjai menyampaikan Pemerintah Kota Binjai terus mendorong percepatan penurunan stunting di Kota Binjai dengan mengoptimalkan peran dan fungsi Tim Percepatan Penurunan Stunting.

“Serangkaian kegiatan audit kasus stunting merupakan upaya identifikasi risiko pada kelompok sasaran berbasis surveilans guna mengetahui faktor penyebab utama kejadian stunting, sehingga dapat memberikan rekomendasi untuk perbaikan penanganan permasalahan stunting di Kota Binjai,” ujar Wawako. 

Ia pun memberi apresiasi kepada Camat Binjai Kota dengan program Binjai Kota Bobot Bertambah (Biko Boba), dan Camat Binjai Timur dengan program Dapur Gizi Atasi Stunting (D’Ginting) yang turut serta dalam upaya penurunan stunting di Kota Binjai. Ia meminta seluruh kecamatan dapat melakukan hal yang sama. 

Dinas PPKB Kota Binjai juga memberikan inovasi terbaru dengan membuat program jangka panjang dalam penanggulangan stunting di Kota Binjai yakni program Gerakan Bapak Asuh Bagi Anak Stunting. Program ini digagas untuk melibatkan seluruh pihak di Kota Binjai yang mampu menjadi donatur tetap dalam memberikan bantuan penanganan stunting baik bantuan materi maupun bantuan asupan gizi bagi anak yang menderita stunting untuk usia 0 hingga 2 tahun. 

Program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menangani stunting, dan dengan sinergitas yang kuat pula dapat menjadikan Kota Binjai menjadi kota yang sehat dan bebas stunting. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolres Kota Binjai Kompol Deny, SH., Sekdako Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos., Kadis PPKB Kota Binjai Drs. Afwan, Apt. MM., para pimpinan OPD di lingkungan Pemko Binjai, nara sumber dari Ikatan Dokter Anak dr. Budi Andri Ferdian, Sp.A., nara sumber dari perkumpulan dokter Obgyn dr. M. Faisal Fahmi, M.Ked.PG., Sp.OG., narasumber dari Himpunan Psikolog Indonesia Rahmadani Hidayatin, S.Psi., M.Kes., narasumber dari Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia Yulita, SKM., MPH., narasumber dari Satgas Stunting Provsu Handerman Vitu Gea, SKM., SH., serta seluruh camat se-Kota Binjai, para Kepala Puskesmas Induk se-Kota Binjai.(nov)

Share this Article
Leave a comment