Angka Positif Covid-19 Sumut Melonjak Drastis, Sehari Tambah 22 Kasus

admin dirma
admin dirma
2 Min Read

MEDAN – Kasus positif terjangkit Covid-19 di Sumatera Utara melonjak drastis. Hanya dalam tempo satu hari, terjadi penambahan 22 kasus. Hingga 9 Mei 2020, tercatat 179 warga Sumatera Utara positif terjangkit Covid-19.

“Ada penambahan 22 kasus positif dibandingkan hari sebelumnya. Sehingga total saat ini ada 179 kasus positif di Sumut,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Whiko Irwan, Sabtu (09/05/2020) sore.

Whiko mengatakan, lonjakan drastis kasus positif terjangkit Covid-19 di Sumatera Utara diperkirakan terjadi karena berkurangnya kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kita bisa lihat saat ini, jalanan semakin ramai. Orang-orang kembali berkumpul-kumpul. Bahkan tidak sedikit yang tidak menggunakan masker. Kedisiplinan yang menurun tampaknya berimbas langsung kepada jumlah pasien positif di Sumut. Jadi, sekarang kami minta masyarakat lebih waspada lagi,” serunya.

Sebaliknya, kata Whiko, bukan hanya kasus positif terjangkit Covid-19 yang bertambah di Sumatera Utara, tetapi juga angka kematian akibat Covid-19. Sebab hingga 9 Mei 2020, jumlah pasien positif terjangkit Covid-19 yang meninggal secara keseluruhan ada 21 orang atau bertambah sebanyak 5 orang.

Di sisi lain, angka pasien positif terjangkit Covid-19 yang sembuh tetap di angka 48 kasus dan angka pasien dalam pengawasan (PDP) ada 158 kasus.

“Sekarang yang sehat, sakit, maupun yang positif, termasuk sudah sembuh harus menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan. Paling tidak, lindungi lingkungan anda sendiri, agar anak, orang tua, dan tetangga anda tidak terpapar virus ini,” ujar Whiko. (zf)

Share this Article
Leave a comment