Sambut HUT Kota Binjai, GTP2C Lakukan Rapid Test Massal

admin dirma
admin dirma
1 Min Read

BINJAI – Menyambut HUT Kota Binjai ke-148, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTP2C) Kota Binjai menggelar rapid test massal dan operasi masker pada sejumlah titik keramaian di wilayah itu, Sabtu (16/05/2020) dan Minggu (17/05/2020).

Rapid test dilakukan secara random dan dipimpin langsung oleh Walikota Binjai, H Muhammad Idaham. Upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesehatan warga, agar terhindar dari Covid-19.

Walikota Binjai, yang juga Ketua Gugus Tigas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Binjai, H Muhammad Idaham, mengaku, sebanyak 1.000 alat rapid test digunakan dalam kegiatan itu. Seluruhnya adalah bantuan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara.

“Diharapkan dengan dilakukannya rapid test massal ini, dapat memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Sehingga Kota Binjai bisa segera terlepas dari pandemi Covid-19,” ujarnya, Minggu (17/05/2020) pagi.

Apabila ada warga yang dinyatakan reaktif Covid-19, Idaham mengaku, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Binjai akan langsung melakukan prosedur karantina, untuk selanjutnya dilakukan uji swab PCR. Sampel swab nantinya akan diuji di Laboratorium PCR RS USU.

“Jika hasil (uji swab)-nya positif, maka (warga terjangkit Covid-19) akan dibawa ke rumah sakit rujukan yang ada di Kota Medan, untuk dilakukan karantina dan perawatan,” terangnya. (vida)

Share this Article
Leave a comment