Penyaluran Dana BST di Asahan Dimulai Sejak 6 Mei

admin dirma
admin dirma
2 Min Read

ASAHAN – Bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI sebesar Rp 600 ribu per keluarga di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, telah disalurkan sejak 6 Mei 2020. Penyaluran dana BST sendiri sepenuhnya dilakukan melalui Kantor Pos Kisaran.

“Dana BST ini kita salurkan melalui 10 kantor pos pembantu yang tersebar di Kabupaten Asahan,” ungkap Kepala Kantor Pos Kisaran, Erwan Muliana melalui Koordinator BST, Daniel, Selasa (12/5/2020) siang.

Daniel mengatakan, saat ini penyaluran dana BST sudah dilaksanakan pada empat kecamatan.

Menurutnya, masyarakat penerima terlebih dahulu diberi undangan resmi, agar saat pengambilan dana BST di kantor pos tidak saling berdesakan.

“Untuk hari ini, kita fokus menyalurkan dana BST untuk masyarakat yang ada di Kecamatan Kisaran Barat dan Kisaran Timur,” terang Daniel.

Perihal masyarakat yang berhak menerima BST, Daniel mengaku, hap tersebut sepenuhnya kewenangan oemerintah.

Sebab PT Pos Indonesia hanya membantu penyaluran dana BST kepada masyarakat.Dalam hal Ini, katanya, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Asahan seluruhnya terdata sebanyak 8.227 keluarga.

“Artinya, kami hanya membantu menyalurkan dana BST sesuai data yang kami terima dari pusat.

Penyalurannya sendiri dilakukan dalam tiga tahap. Sehingga total keseluruhan dana BST yang diterima setiap KPM sebesar Rp 1,8 juta,” ujar Daniel.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asahan, Syamsuddin, menyebut, dana BST diberikan kepada masyarakat yang mengalami penurunan kemampuan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19.

Dimana menurutnya, pengadaan dana BST bersumber dari APBN tahun anggaran 2020.”Dalam persoalan ini, Dinas Sosial Kabupaten Asahan akan terus berkoordinasi dengan Kemensos RI, agar pembayaran BST berjalan lancar dan tepat sasaran, hingga seluruh tahap penyalurannya selesai,” terangnya.

Selain itu, dia pun tetap meminta setiap keluarga penerima manfaat agar lebih bersabar, karena proses penyaluran dana BST di Kabupaten Asahan dilakukan secara bertahap.

“Kami pun mengingatkan masyarakat yang hendak mengambil dana BST di kantor pos, untuk tidak berdesak-desakan.

Tetap utamakan kesehatan kita, agar terhindar dari penularan Covid-19,” himbau Syamsuddin. (nz)

Share this Article
Leave a comment