Walikota Binjai Buka Musrenbang RPJMD Kota Binjai Tahun 2021-2026

admin dirma
admin dirma
3 Min Read

BINJAI – Wali Kota Binjai, Drs. H. Amir Hamzah, M.AP secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Binjai Tahun 2021-2026 di Aula Pemko Binjai, Kamis (24/06/2021)

Turut hadir Staf Ahli Gubernur Sumut Bagian Hukum, Politik Dr. Ir. Binsar Situmorang,M.Si.,M.AP, Sekretaris Bappeda Provinsi Sumut Yosi Sukmono, ST, Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Alamsyah Putra, Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, Ketua TP. PKK Kota Binjai Dra. Hj. Nurhayati Amir Hamzah, Unsur Forkopimda Kota Binjai, Pemuka agama, pemuka masyarakat serta undangan lainnya.

Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah yang menjadi fokus utama perencanaan pembangunan 5 tahun ke depan diantaranya pertumbuhan ekonomi daerah yang pada tahun 2020 terkoreksi sebesar minus 1,83 untuk tahun 2026 ditargetkan menjadi 5,70 dengan beberapa program seperti penguatan UKM dan IKM Kota Binjai, pengembangan infrastruktur, peningkatan daya saing industri kreatif dan meningkatkan kualitas ekonomi kreatif.

“Tingkat kemiskinan pada tahun 2020 naik 0,05 poin menjadi 5,72 untuk itu tahun 2026 kita targetkan menurun menjadi 4,80 dengan peningkatan daya saing ekonomi daerah serta pengurangan kesenjangan wilayah melalui ketersediaan dan kualitas infrastruktur yang merata”, kata Walikota.

Walikota menambahkan tingkat pengangguran terbuka tahun 2020 meningkatkan dari 2,53 menjadi 8,67 poin, untuk itu tahun 2026 ditargetkan menurun menjadi 5,50 dengan memperluas kesempatan kerja dan peluang usaha, peningkatan kualifikasi tenaga kerja serta pembangunan balai latihan kerja di Kota Binjai.

“Kita juga berupaya menyelesaikan masalah-masalah sosial seperti menurunkan tingkat kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba serta menjaga lingkungan hidup yang berkualitas”, lanjut Walikota.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Sumut Bagian Hukum, Politik Dr.Ir.Binsar Situmorang,M.Si.,M.AP mengatakan forum musrenbang ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis dimana seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan 5 tahunan sehingga tercapainya kesepakatan terhadap rancangan RPJMD Tahun 2021-2026 yang telah disusun pemerintah Kota Binjai.

“Semoga melalui penyelenggaraan Musrenbang ini, kita dapat merumuskan RPJMD yang lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Binjai”, ujarnya.

Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Alamsyah Putra mengingatkan kepada semua pihak bahwa rencana pembangunan yang disusun selain berpedoman pada perencanaan pembangunan nasional juga harus berjalan dengan visi dan misi walikota terpilih.(nov)

Share this Article
Leave a comment