Walikota Berikan Penghargaan Kepada Kapolres Binjai

admin dirma
admin dirma
5 Min Read

BINJAI – Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH, beserta jajaran menerima penghargaan dari Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP. Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk ucapan terimakasih karena telah berhasil menangkap sindikat pelaku penyeludupan 13 kilogram sabu-sabu beberapa waktu lalu.

“Saya sangat mengapresiasi Polres Binjai yang selama ini sudah bekerja dengan baik. Terutama karena berhasil menyelamatkan sekitar 130 Ribu masyarakat Kota Binjai dari bahaya narkoba,” kata Walikota Binjai, Amir Hamzah saat hadir di acara press release akhir tahun, Kamis (30/12/2021) siang.

Diketahui, pengungkapan 13 Kilogram sabu-sabu, merupakan hasil kerja keras tim gabungan Polres Binjai yang terdiri dari Sat Reskrim dan Sat Narkoba. Turut diamankan seorang anggota sindikat, berinisial YI (39) warga Dusun Hajiluan, Desa Matang Maneh, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara yang dibekuk polisi saat membawa 13 bungkus sabu-sabu seberat 13 Kilogram yang disimpan dalam plastik bertuliskan tulisan Cina.

Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, memberikan apresiasi terhadap kinerja Kapolres Binjai beserta jajarannya atas kerja kerasnya selama ini sehingga situasi kamtibmas di Kota Binjai tetap aman dan kondusif.

“Pemko Binjai siap mendukung Polres Binjai pada kegiatan pergantian tahun baru nantinya,” ujarnya.

Di penghujung sambutannya, Walikota Binjai menyatakan bahwa masyarakat Kota Binjai sudah menerima vaksinasi sebesar 75,67 persen.

Usai menggelar Pres relase, Walikota Binjai memberikan Piagam Penghargaan dari Pemko Binjai kepada Kapolres Binjai, Kasat Narkoba, Kasat Reskrim dan Kasat Intelkam, atas keberhasilan Polres Binjai dalam melakukan pengungkapan peredaran narkotika jenis Sabu Sabu seberat 13 Kg pada tanggal 5 Desember 2021 yang lalu oleh tim gabungan Sat reskrim dan Sat narkoba Polres Binjai.

Hadir dalam kegiatan ini, Walikota Binjai Drs H.l Amir Hamzah, Dandim 0203/LKT diwakili oleh Kapten Inf Selamat Jaya, Waka Polres Kompol Deny, Kabag Ops AKP Agung Basuni, Kasat Narkoba AKP Firman Imanuel PA, Kasat Reskrim AKP Rian Permana, Kasat lantas AKP Joko Lelono, Kasat intelkam Iptu Ruswandi, serta didampingi Kasi Humas Iptu Junaidi.

Sementara itu, Kapolres Binjai, AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH memberikan beberapa penekanan untuk diketahui pada malam pergantian tahun 2022, diantaranya yaitu :

  1. Terkait dengan pencegahan Pandemi Covid-19, dimana saat ini sedang adanya varian baru dengan istilah Omicron
  2. Dalam pengamanan Tahun Baru 2022, Polres Binjai sudah mendirikan 6 Pos PAM, serta nantinya akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas dengan cara pengalihan arus lalu lintas sehingga tidak terjadi kemacetan dan akan ditempatkan personil pada setiap persimpangan.

Dalam pres release kali ini, Kapolres Binjai juga memberi apresiasi kepada Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, atas diterbitkannya Instuksi Walikota Binjai No.440 tahun 2021 tentang penutupan sementara terhadap lapangan Merdeka Binjai pada saat malam pergantian tahun.

“Terhadap pengguna jalan pada tahun baru 2022, agar mengaktifkan aplikasi peduli lindungi, dan bagi yang belum menerima vaksin nantinya akan dilakukan vaksinasi langsung di pos PAM oleh Tim vaksinator,” ungkap AKBP Ferio Sano Ginting, seraya memberikan ucapan terima kasih terhadap rekan rekan media atas kerjasamanya dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat selama ini.

Dalam pergantian tahun nantinya, Kapolres Binjai juga menghimbau untuk merayakannya di rumah saja bersama keluarga apabila tidak ada yang penting.

Pada kesempatan itu, Perwira Menengah Polisi ini juga memaparkan jumlah kasus yang ditangani oleh jajarannya, diantaranya :

Sat Reskrim, selama tahun 2021 sebanyak 1.189 kasus dengan penyelesaian 764 kasus atau 64,25 persen.

Sat Narkoba, menangani sebanyak 199 kasus dengan tingkat penyelesaian 229 kasus atau 115,07 persen, dengan jumlah barang bukti Sabu Sabu 23.362,48 gram, ganja 3.073,23 gram, ekstasi 285,5 butir. “Untuk jumlah tersangka sebanyak 238 orang pria dan 15 orang wanita,” urainya.

Sedangkan untuk satuan lalu lintas menangani kasus Lakalantas sebanyak 264 kasus, dengan korban 58 orang meninggal dunia, 176 orang luka berat dan 127 orang luka ringan. “Kerugian materi sebesar Rp 492.900.000 (empat ratus sembilan puluh dua juta sembilan ratus ribu rupiah),” terang AKBP Ferio Sano Ginting.

Sementara itu Dandim 0203/LKT Letkol (Inf) Wisnu Joko Saputro, diwakili Kapten (Inf) Selamat Jaya menegaskan siap mendukung dan siap membantu Polres Binjai dalam rangka pengamanan malam pergantian tahun 2022. (bayu)

Share this Article
Leave a comment