Wali Kota Binjai Hadiri Pengukuhan Guru Besar Tetap Rektor Universitas Sumatera Utara

webadmin
webadmin
2 Min Read

BINJAI – Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M. AP hadiri Pengukuhan Guru Besar Tetap Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos. M.Si di Auditorium USU, Senin (6/3). Turut hadir dalam pengukuhan tersebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pj. Gubernur Sulawesi Barat Drs. Akmal Malik, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Kejati Sumut Idianto, para Kepala Daerah, para Dosen USU dan tamu undangan lainnya.

Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos. M.Si dalam sambutannya memaparkan berbagai hal mengenai Transformasi Partai Politik Menjadi Organisasi Partai di Era Digital Untuk Penguatan Demokrasi. Tema yang beliau pilih dalam pidato ini berawal dari “kegelisahan” tentang kondisi perkembangan Ilmu Politik yang dihadapkan pada perubahan pola kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang semakin kompleks. Hal ini merupakan konsekuensi dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang muncul sebagai alat mengelola ekonomi, politik, sosial dan budaya serta membentuk konstruksi baru, yang sangat berbeda terhadap partisipasi masyarakat. 

“Kecepatan perubahan peradaban itu terjadi karena kemajuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Mencermati kondisi tersebut, mengharuskan Presiden Jokowi, selalu menyampaikan pesan tentang pentingnya kesiapan Indonesia menghadapi digitalisasi,” ujar Muryanto.

Mantan Dekan FISIP itu juga mengatakan transformasi partai politik menjadi organisasi partai di era digital. “Tidak hanya diperlukan untuk memberi penguatan kelembagaan partai menjalankan fungsinya tetapi sekaligus memperkuat demokrasi di Indonesia,” katanya.

Pada akhir pidatonya, Prof. Muryanto Amin, menggarisbawahi bahwa transformasi partai politik menjadi organisasi partai di era digital, tidak hanya diperlukan untuk memberi penguatan kelembagaan partai menjalankan fungsinya dalam memperkuat demkorasi di Indonesia. Tapi lebih dari itu, partai politik akan memiliki paradigma baru untuk menjawab tantangan masa depan yang penuh dengan ketidakpastian. 

Wali Kota Binjai menyampaikan selamat atas pengukuhan Guru Besar Tetap Rektor USU tersebut. Ia berharap, dengan bertambahnya guru besar di kampus terbesar di Sumatera Utara itu, juga turut mengembangkan pendidikan yang ada di Sumatera Utara. (bay)

Share this Article
Leave a comment