Wakil Wali Kota Binjai Tegaskan Prioritas Penurunan Stunting Di Kota Binjai

webadmin
webadmin
3 Min Read

BINJAI – Wakil Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, STP. MP secara resmi membuka kegiatan Diseminasi Audit Kasus Stunting Tahap I Kota Binjai Tahun 2023 yang dihadiri langsung Kepala Perwakilan BKKBN Sumut M. Irzal, S.E, M.E di Aula Pemko Binjai, Selasa (30/05).

Wawako dalam sambutannya mengatakan bahwa acara Diseminasi Audit Kasus Stuting ini bertujuan untuk membahas bersama langkah yang akan dilakukan untuk mengentaskan permasalahan stunting di Kota Binjai dengan melibatkan pemangku kepentingan yang telah ditetapkan dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting dan Tim Audit Stunting Kota Binjai. Hal ini dilakukan dengan melibatkan Pemerintah Daerah, Forkopimda dan Instasi terkait terlebih Tim Pakar Audit Kasus Stunting dari Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis Kandungan, Ahli Gizi, Pakar Psikologi serta Pendamping Daerah Technical Assistant Satgas Stunting yang nantinya memberikan rekomendasi tata laksana dan perbaikan terhadap penanganan stunting di Kota Binjai.

Ia menegaskan masalah percepatan penurunan stunting menjadi salah satu prioritas masalah yang harus dituntaskan di Kota Binjai. Ia melanjutkan, sebagai bentuk komitmen Pemerintahan Kota Binjai dalam penurunan stunting, sudah dilaunching Inovasi Binjai Smoting yaitu “Semangat Menuju Zero Stunting” dengan implementasi Gerakan Bapak Asuh (BAAS) bagi anak stunting dan keluarga risiko stunting khususnya Ibu KEK (Kekurangan Energi Kronis) di Kota Binjai.

Wakil Wali Kota Binjai mengharapkan semua yang hadir untuk mengikuti kegiatan ini dapat memberi masukan-masukan perbaikan 

pada penanganan stunting di Kota Binjai. “Selamat menjalankan Diseminasi Audit Kasus Stunting Tahap Pertama ini, semoga komitmen yang kita bangun kembali menjadikan Kota Binjai Zero Stunting,” ucap Wawako. 

Kepala Perwakilan BKKBN Sumut M. Irzal, S.E, M.E menjelaskan bahwa acara ini bertujuan sebagai upaya koordinasi, konsolidasi, serta konvergensi pelaksanaan percepatan penurunan stunting antara Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara bersama satgas stunting tahun 2023 serta stakeholder terkait. “Ayo kita bersama-sama kerja keras, kerjasama dan kerja cerdas dalam menekan angka stunting yang ada di Kota Binjai,” ucapnya. 

Kepala Dinas PPKB Binjai Drs. Afwan, Apt, MM mengatakan bahwa penanganan permasalahan stunting di Kota Binjai diawali dari 1000 hari pertama kehidupan, meningkatkan kualitas penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, menjamin pemenuhan asupan gizi, memperbaiki pola asuh, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dan meningkatkan akses air minum dan sanitasi bagi keluarga serta mempersiapkan Program Keluarga Berencana.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekdako Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos., Pasiter Kodim 0203/Lkt Lettu Inf Gunawan Sakti Lubis, Ketua BAZNAS Kota Binjai Ir. H. Ansyarullah, M.MA., para Tim Pakar AKS Provsu, para Pimpinan OPD Kota Binjai, para Camat se-Kota Binjai, para Kepala Puskesmas se-Kota Binjai dan tamu undangan lainnya. (bay)

Share this Article
Leave a comment