Viral Pelajar Berangkat ke Sekolah Harus Seberangi Sungai, Ini Penjelasan Camat Wampu Langkat

webadmin
webadmin
2 Min Read

LANGKAT – Belum lama ini publik dihebohkan oleh beredarnya foto viral seorang pelajar di Langkat yang harus menyeberangi sungai untuk pergi berangkat ke sekolahnya. Nah, menanggapi hal ini Camat Wampu Samsul Adha pun langsung angkat suara menanggapi berita viral tersebut. 

Menurut Camat Wampu, wilayah yang dilintasi pelajar tersebut sepenuhnya masih berada di kawasan KSO PT. LNK dengan PTPN II. Dimana dahulunya di kawasan tersebut terdapat jembatan milik PT. LNK yang menjadi akses terdekat ke SDN 050677 kecamatan wampu bagi pelajar. 

Namun, sayangnya jembatan tersebut sudah rusak. Dan belum juga diperbaiki oleh PT LNK. Dan sungai yang dilalui para pelajar untuk mengakses jalan terdekat menuju ke sekolah tidak pernah banjir besar.

“Keadaan yang ada adalah berupa bentang alur yang cukup lebar, aliran air yang debitnya hanya sekitar semata kaki dan dangkal, jika memang terjadi banjir sifatnya hanya lewat saja,” ucapnya. 

Kata Camat, meskipun jembatan belum dapat difungsikan, namun pihak PT LNK sebenarnya sudah membuat jalan lain sebagai alternatif yang bisa diakses. 

“Tapi karena jalur alternatif tersebut dilihat agak jauh karena harus sedikit memutar untuk menuju ke lokasi SDN 050677, makanya mungkin saja pelajar tersebut mencari alternatif jalan lain yang lebih dekat,” katanya.

Menurutnya, dibangunnya jalan alternatif menuju ke SDN 050677 menimbang kondisi tersebut lebih memungkinkan daripada dibangun jembatan di lokasi jembatan yg sudah rusak disebabkan tergerus air sungai.

“PT. LNK dari sejak awal robohnya jembatan sudah berjanji akan memperbaiki jembatan, namun sampai sekarang mereka lebih mengutamakan membuat jalur alternatif dikarenakan menurut kajian mereka kondisi belum memungkinkan untuk dibangun jembatan kembali,” ucap Camat Wampu. (bay)

Share this Article
Leave a comment