Viral Aksi Penolakan Tempat Beribadah, Walikota Binjai Minta Semua Warga Ikut Jaga Kondusivitas

webadmin
webadmin
3 Min Read

BINJAI – Kerukunan umat beragama di Kota Binjai sedikit tercoreng usai kejadian viral adanya penolakan warga terhadap salah satu tempat beribadah beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu, Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP mengajak seluruh masyarakat ikut berperan serta dalam mendukung kondusifitas, menjaga ketentramam dan ketertiban di kota rambutan ini. 

Hal itu disampaikan Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP saat menghadiri acara Forum Silaturahmi Lintas Agama dan Etnis di Aula Pemko Binjai, Rabu (31/05). 

Dalam arahannya, Wali Kota Binjai menyatakan bahwa Kota Binjai memiliki struktur penduduk yang sangat majemuk. Hal ini dapat dilihat dari multietnis, suku dan agama yang ada di Kota Binjai. Selain itu, Kota Binjai juga termasuk kedalam 10 kota paling toleran se Indonesia.  

“Kesemuanya dapat hidup berdampingan dengan penuh kerukunan dan toleran, sehingga dapat dikatakan Kota Binjai tetap dalam situasi yang aman, nyaman dan kondusif,” sebut Wali Kota Binjai.

Wali Kota Binjai menegaskan dalam mengupayakan tercapainya kerukunan umat beragama diperlukan sinergi antar berbagai pemangku kepentingan. Kehadiran Focus Group Discussion ini diharapkan dapat bersama-sama bersinergi mewujudkan moderasi beragama sehingga kerukunan umat benar-benar terjaga. 

Ia pun mengajak melalui forum ini, untuk sama-sama menjadikan kota Binjai sebagai kota yang agamis, harmonis, dinamis, serta santun dalam berkehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Oleh karenanya, kita semua berharap melalui pertemuan ini akan semakin meningkatkan rasa kebersamaan dan hubungan kedekatan,” ucapnya.

“Hal ini pula yang menjadi modal yang sangat berharga dalam membangun sinergi antara pemerintah daerah, masyarakat, tokoh agama dan pihak terkait lainnya terutama dalam menjaga kerukunan antar umat beragama dan mengawal pembangunan, ketentraman serta ketertiban umum ditengah-tengah masyarakat kota Binjai,” tambah Wali Kota. 

Sekretaris Daerah Kota Binjai dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh pihak terkait untuk bersama-sama mendukung Wali Kota Binjai dalam menciptakan kerukunan umat beragama di kota Binjai. “Bapak Wali Kota tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari para Forkopimda, stakeholder, elemen masyarakat, para tokoh agama dan masyarakat,” tegas Sekdako Binjai. 

Turut hadir dalam forum tersebut Dandim 0203/Lkt Letkol Inf. M. Eko Prasetyo,  Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang, SH, S.I.K, M.Si. Kajari Kota Binjai Jufri Halim Nasution, SH, MH, Wakil Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, STP. MP., Sekda Kota Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos., Plt. Kakan Kemenag Kota Binjai Armaya Azmi, para Staf Ahli dan Asisten Pemko Binjai, para kepala OPD,  para Camat se kota Binjai, para Lurah se Kecamatan Binjai Kota, Ketua FKUB Kota Binjai Drs. H M Nasir, Ketua MUI Kota Binjai, Prof. Dr. H. M. Jamil, MA. Ketua DMI Kota Binjai, Letkol Purn dr. H. Darma Malem Sembiring, Sp.THT., para alim ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (bay)

Share this Article
Leave a comment