Vihara Vimalakirti Gelar Festival Bazar Waisak Binjai 2023

webadmin
webadmin
4 Min Read

BINJAI – Hari Waisak merupakan hari raya umat Buddha untuk memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Buddha Sakyamuni, yakni memperingati Hari Lahir Pangeran Sidharta Gautama, Pencapaian Penerangan Sempurna, dan memasuki maha parinibbana. 

Di tahun 2023 ini, hari raya Waisak 2567 BE jatuh pada hari Minggu, 4 Juni 2023. Selain beribadah, beberapa Vihara pun menggelar berbagai kegiatan amal jelang hari raya Waisak guna memperingati tiga peristiwa penting (Trisuci Waisak) ini. 

Seperti yang terlihat di Vihara Vimalakirti, yang beralamat di Jalan Jend Sudirman No. 1 Lingkungan V Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota. Disini, berbagai kegiatan sudah mulai dilaksanakan untuk merayakan Waisak 2567 BE, tahun 2023 ini. 

Pantauan awak media di lokasi, pada hari ini, Sabtu (3/6) sore, pengurus Vihara Vimalakirti menggelar kegiatan sosial berupa “Festival Bazaar” yang digelar mulai pukul 16.30 Wib s/d 19.30 Wib. 

Puluhan jenis makanan dan minuman serta aksesoris lainnya tampak terlihat di halaman Vihara Vimalakirti Binjai. Tak ayal, Festival Bazaar itu pun langsung diserbu oleh ratusan warga sekitar. 

Digelarnya Festival Bazaar tersebut dibenarkan oleh salah seorang pengurus Vihara Vimalakirti Binjai, Agus Salim. Menurutnya, ada 3 agenda utama yang digelar dalam rangka menyambut hari raya Waisak 2567 BE, tahun 2023 ini. 

“Hari ini kami menggelar festival Bazaar. Sebelumnya, kami bekerja sama dengan PC INTI Binjai dan PMI Binjai, juga menggelar donor darah, tepatnya pada 9 April lalu,” ungkap Agus Salim saat dikonfirmasi awak media. 

Sedangkan untuk kegiatan donor darah, ungkap Agus Salim, seluruh kantong darah yang terkumpul selanjutnya diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Binjai. 

“Kegiatan donor darah dan festival bazaar yang digelar pada hari ini dibuka untuk umum,” urainya. 

Pria yang juga dipercaya sebagai kordinator kegiatan ini juga menegaskan, selain festival Bazaar dan donor darah, pada hari raya Waisak 2023 yang jatuh pada Minggu (4/6) esok, pengurus Vihara Vimalakirti juga akan menggelar ibadah Waisak. 

“Besok kita menggelar ibadah Waisak yang dimulai pada pukul 12.00 Wib sampai 13.30 Wib,” beber Agus Salim. 

Khusus untuk beribadah, pria keturunan ini mengatakan, ummat Majelis Niciren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI) Senta Binjai ini akan melaksanakannya secara live streaming dari Kuil Hoseiji, Jakarta.

“Untuk upacara sembahyang Waisak, akan dilaksanakan secara live streaming yang dipimpin langsung oleh Bhiksu Niciren Shoshu dari Kuil Hoseiji, Jakarta,” ucap pria berkacamata ini. 

Sebagai kordinator kegiatan, Agus Salim juga mengatakan tujuan digelarnya donor darah dan Bazaar tersebut, yaitu untuk membantu sesama, khususnya masyarakat yang membutuhkan. “Selain itu, agar terus tercipta kerukunan antar umat beragama,” bebernya. 

Agus Salim juga menegaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan agenda tahunan. “Ini merupakan kegiatan tahunan. Namun dalam 3 tahun belakangan ini berhenti dulu akibat pandemi karena Covid, dan pada tahun 2023 ini kembali kami gelar,” bebernya. 

Diakhir ucapannya, Agus Salim mengucapkan selamat memperingati hari raya Trisuci Waisak kepada seluruh umat Buddha, saling mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi, serta semangat gotong royong dalam menebarkan kebahagiaan. 

“Mari kita maknai Waisak dengan sebagai balas Budi ummat kepada Triratna. Semoga kita menjadi pribadi yang rendah diri dan selalu mewujudkan ajaran Buddha dalam kehidupan sehari hari,” demikian ungkap Agus Salim diakhir ucapannya.

Sementara itu, Kapolsek Binjai Kota, Kompol M. Guntur P SH MH, yang ditemui di lokasi bazaar menerangkan, untuk pengaman kegiatan bazaar Waisak ini pihaknya menurunkan sebanyak 14 personil. 

“Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga dan umat yang mengikuti bazaar maupun ibadah pada keesokan harinya. (bay)

Share this Article
Leave a comment