TP PKK Binjai Tinjau Kesiapan Posyandu Dahlia III, Ini Tujuannya

admin dirma
admin dirma
3 Min Read

BINJAI – TP PKK Kota Binjai mengunjungi Posyandu Dahlia III yang berdampingan dengan Gedung Yayasan Pendidikan RA Bela Dina, di Jalan Bengkalis, Gang Masjid, Lingkungan II, Kelurahan Rambung Dalam, Kecamatan Binjai Selatan, Selasa (21/09/2021).

Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka meninjau kesiapan Posyandu Dahlia III yang diikutsertakan pada Lomba Posyandu Terintegrasi Tingkat Sumatera Utara 2021.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua TP PKK Kota Binjai, Dra Hj Nurhayati Amir Hamzah, Wakil Ketua I dan Ketua Pokja 4 TP PKK Kota Binjai, Ade Irma Irwansyah dan Yuni Irhamsyah, Kepala Dinas Perlindungan Pemberdayaan Perempuan, Anak, dan Masyarakat (P3AM) Kota Binjai, Rudi Iskandar Baros ST, Kepala Puskesmas Rambung, Drg Ana Indriani, Lurah Rambung Dalam, Nur Rahmi ST, Pengelola Yayasan Pendidikan dan Dakwah RA Bela Dina, Sumiati Damanik SPdI, para kader posyandu, serta sejumlah pengurus TP PKK tingkat kecamatan dan kelurahan.

Ketua TP PKK Kota Binjai, Nurhayati Amir Hamzah, dalam sambutannya mengatakan, kunjungan pihaknya ke Posyandu Dahlia III bertukuan untuk meninjau berbagai kelengkapan, fasilitas, sarana dan prasarana, serta hal-hal yang belum terintegrasikan.

“Secara umum, Posyandu Dahlia III sudah baik dan memadai. Sebab selain menjadi pusat pelayanan kesehatan bagi balita dan lansia (lanjut usia), posyandu ini pun sudah terintegrasi dengan PAUD dan SD,” terang Nurhayati.

Meskipun demikian dia mengakui masih diperlukan penyempurnaan di beberapa aspek, di antaranya penambahan beberapa fasilitas, kelengkapan administrasi pendukung, serta penyediaan sarana dokumentasi.

“Saya mohon setiap kegiatan harus selalu didokumentasikan dan dilengkapi pula berbagai persayatan administrasi pendukungnya. Sebab kedua hal ini termasuk bagian dari penilaian. Bila perlu kita manfaatkan juga pekarangan posyandu untuk lahan tanaman pangan dan herbal,” seru Nurhayati.

Sementara itu, Wakil Ketua I TP PKK Kota Binjai, Ade Irma Irwansyah, tetap mengharapkan Kader Posyandu Dahlia III tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam setiap kegiatan.

“Perlu kita ingat bersama, lomba ini bukan hanya untuk mencari nama dan prestasi semata. Tapi kita juga dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas dan nilai manfaat posyandu bagi masyarakat,” ujar Ade Irma.

Sebelumnya, Ketua Kelompok Kerja IV TP PKK Kota Binjai, Yuni Irhamsyah, menyatakan, Posyandu Dahlia 3 dipilih mewakili Kota Binjai dalam lomba Posyandu Terintegrasi Tingkat Sumatera Utara 2021 karena menjadi yang terbaik di Kota Binjai pada 2000 lalu.

“Secara umum, Posyandu Dahlia III sudah siap 95 persen untuk mengikuti Lomba Posyandu Terintegrasi Tingkat Sumatera Utara. Hanya tinggal bagaimana melengkapi aspek-aspek pendukungnya saja,” jelas Yuni. (dika)

Share this Article
Leave a comment