Posyandu Bima Asahan Terapkan Protokol Pencegahan Covid-19

admin dirma
admin dirma
2 Min Read

ASAHAN – TP PKK Kecamatan Kota Kisaran Barat bersama UPTD Puskesmas Sidodadi melaksanakan pelayanan kesehatan terpadu gabungan bagi balita di Posyandu Bima, Lingkungan lll, Kelurahan Seirenggas, Rabu (06/05/2020).

Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kali ini petugas kesehatan bekerja dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) dan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Meskipun mekanisme pelayanan kesehatan terkesan lebih sistematis, namun nyatanya hal tersebut tidak menurunkan animo para ibu untuk mengikutsertakan anaknya menjalani proses imunisasi. Tercatat lebih dari 40 bayi dan balita diimunisasi.

Ketua TP PKK Kecamatan Kota Kisaran Barat, Agustina Agus Jaka Putra Ginting, didampingi Kepala Puskesmas Sidodadi-Seirenggas, Ratna Juwita, mengatakan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di lingkup posyandu pada dasarnya adalah upaya menjamin keselamatan ibu, bayi, balita, dan petugas kesehatan, dari potensi penularan Covid-19.

Menurutnya, mekanisme pelayanan kesehatan tetap sama dengan kegiatan sebelumnya. Dalam hal ini, para balita terlebih dahulu didaftarlan. Kemudian ditimbang dan diukur berat dan tinggi badannya. Setelah itu mereka diberikan imunisasi dasar lengkap.

“Imunisasi yang kita berikan tetap sama, yakni berupa penyuntikan BCG DPT->Hb1, penyuntikan BCG DPT->Hb2, penyuntikan BCG DPT->Hb3, dan penyuntikan campak,” terang Agustina.

Sementara itu, Soraya Azmi (27), salah seorang ibu rumahtangga yang mengikutsertakan balitanya untuk diimunisasi, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan terpadu gabungan oleh TP PKK Kecamatan Kota Kisaran Barat dan UPTD Puskesmas Sidodadi-Seirengas.

“Tentu saja kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para bayi dan balita di kelurahan Seirenggas. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih,” ucapnya. (nz)

Share this Article
Leave a comment