Pimpin Apel Gabungan ASN, Sekdako Binjai Ingatkan Tidak Tambah Libur Di Luar Ketentuan

webadmin
webadmin
3 Min Read

BINJAI – Sekretaris Daerah Kota Binjai Irwansyah Nasution pimpin apel gabungan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Binjai, di Lapangan Apel Pemko Binjai, Senin (17/04). Apel dengan petugas dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Masyarakat kota Binjai ini diikuti pula oleh para Staf Ahli Wali Kota, para Asisten Setdako Binjai, para pimpinan OPD, Camat, Lurah, serta ASN dan Non ASN  Pemko Binjai. 

Dalam arahannya, Sekdako Binjai mengungkapkan Pemerintah kota Binjai berkomitmen memberikan    kesetaraan dan keadilan gender bagi perempuan dan laki-laki dalam pembangunan melalui strategi pengarus utamaan gender. Komitmen tersebut diimplementasikan dalam bentuk dokumen hukum  berupa instruksi Wali Kota Binjai Nomor 188.55-1367 tahun 2019 tentang percepatan pengarus utamaan gender di kota Binjai. Namun, kenyataannya bagi sebagian stakeholder yang ada terutama perangkat daerah kota Binjai masih belum memahami dengan maksimal. Karena masih menganggap  bahwa PUG hanya mengutamakan hak-hak perempuan serta tanggung jawab dan tugas Dinas Pemberdayaan Perempuan saja, tetapi tugas seluruh OPD yang ada.

Diharapkan pengarus utamaan gender yang tertuang dalam dokumen perencanaan penganggaran menjadi pedoman bagi aparatur pemerintah kota Binjai dalam menyusun strategi pengintegrasian gender, sehingga dapat mewujudkan pengelolaan anggaran daerah yang responsif gender, sekaligus meningkatkan peran dan kemandirian lembaga yang menangani pemberdayaan perempuan.

“Dengan tumbuhnya kesadaran seluruh perangkat daerah untuk bersama-sama mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan di kota Binjai, diharapkan kita akan mampu meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya pada tahun 2023 ini,” sebut Sekdako. Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,  kepada pemerintah daerah yang dinilai memberikan komitmen yang besar dalam pencapaian kesetaraan gender.

Dalam kesempatan tersebut, Sekdako Binjai mengimbau seluruh ASN Kota Binjai untuk memanfaatkan libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri 2023 dengan baik. Ia pun menekankan untuk tidak menambah libur di luar ketentuan yang ada. “Saya minta agar dilakukan sidak dan pengawasan berjenjang oleh masing-masing pimpinan OPD,” jelasnya. Hal ini menurutnya, perlu dilakukan sebagai bentuk pengecekan tingkat kedisiplinan, dan memastikan bahwa pelayanan publik tidak terganggu pasca Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. (bay)

Share this Article
Leave a comment