Peringati Hari Lahir Pancasila, Bacaleg PDIP Binjai Ikuti Pelaksanaan Upacara Bendera

webadmin
webadmin
2 Min Read

BINJAI – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Binjai, menggelar pelaksanaan upacara bendera di Kantor DPC PDIP Kota Binjai, Kamis (1/6/2023) pagi. Upacara ini diikuti seluruh pengurus, anggota DPC PDIP Kota Binjai serta Bacaleg PDIP yang akan mengikuti Pileg 2024 tingkat II DPRD Kota Binjai. 

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Ketua DPC PDIP Kota Binjai, Ir M Syarif Sitepu. Dan yang bertugas menjadi Komandan Upacara adalah Wakil Ketua, Syahdan SE.

Dalam pidatonya, Ketua DPC PDIP Kota ini Binjai, Ir M Syarif Sitepu mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk dapat memaknai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Dimana, Pancasila dengan lima silanya merupakan fondasi ideologi negara ini.

“Sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa mengajarkan kita untuk hidup dalam keimanan dan saling menghormati keyakinan satu sama lain,” ujarnya. 

Lalu, sila kedua Kemanusiaan yang Adil dan Beradab mengajarkan kita untuk bersikap adil berperilaku baik dan menghargai martabat setiap individu. Kemudian sila ketiga, kata Syarif, Persatuan Indonesia yang berarti bersatu dalam keberagaman dan menghindari perpecahan.

“Sedangkam sila keempat mengajarkan kita tentang pentingnya partisipasi aktif dalam pembangunan negara da menghargai keputusan bersama,” ucapnya. 

Dan yang terakhir sila kelima mengingatkan kita akan pentingnya keadilan dan pemerataan dalam masyarakat. 

“Kembali saya tegaskan, genggam tangan persatuan dengan jiwa gotong royong dengan semangat api perjuangan na tak kunjung padam,” kata Syarif membacakan amanat tertulis dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Sekedar informasi, Pancasila pertama kali muncul dan dicetuskan oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno atau Bung Karno pada 1 juni 1945 dalam sidang BPU PKI. Bung karno menyampaikan gagasan Pancasila sebagai dasar dan ideologi berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan dasar yang kuat dapat mengarahkan kita semua menuju kehidupan berbangsa dan bertanah air yang adil, makmur, dan senantiasa beradab. (bay)

Share this Article
Leave a comment