Menteri Perdagangan RI Pimpin Rakornas Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi di Binjai

admin dirma
admin dirma
1 Min Read

BINJAI – Menteri Perdagangan Republik Indonesia DR. (H.C). Zulkifli Hasan, S.E., M.M lakukan kunjungan kerja ke Kota Binjai, Selasa (17/1). Ia juga ikuti Rapat koordinasi nasional Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi via Zoom di Binjai Command Center. 

Dalam rapat tersebut, Menteri yang akrab disapa Bang Zul ini menyampaikan beberapa dukungan yang diharapkan bisa dilakukan para pimpinan daerah di Indonesia. 

Diantaranya ialah mengoptimalkan APBD untuk pengendalian inflasi yaitu dengan menggelar pasar murah, operasi pasar, subsidi ongkos angkut, serta pemantauan data harga dan stok bahan pokok. Kemudian mengoptimalkan peran BUMD pangan dalam menjaga stok dan pasokan barang kebutuhan pokok. 

Pemerintah daerah juga diminta untuk dapat mengintensifkan pemantauan harga dan stok barang kebutuhan pokok di seluruh provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai Early Warning System di daerah melalui SP2KP Kemendag.

Berikutnya, Pemda juga diharapkan untuk bisa melakukan media briefing secara berkala kepada masyarakat untuk memberikan informasi bahwa pemerintah berkomitmen menjamin ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan. (bay)

Share this Article
Leave a comment