Kriminalitas di Binjai Meningkat Pasca Covid19, Berikut Penjelasan Kapolres

admin dirma
admin dirma
3 Min Read

BINJAI – Tahun ini jumlah kasus kriminalitas yang ditangani Polres Binjai mencapai 1695 kasus, lebih banyak bila dibandingkan tahun 2021 lalu yang hanya 1189 kasus. Hal ini dikarenakan situasi sosial di masyarakat sudah kembali berlangsung normal pasca Covid19 beberapa tahun lalu.

“Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya karena tidak ada lagi Covid19. Karena sewaktu Covid19 lalu ketika masih diberlakukan PPKM ruang gerak para pelaku yang ingin membuat tindakan kejahatan menjadi terbatas,” kata Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting SIK SH.MH saat menyampaikan paparan di acara Konfrensi Press Akhir Tahun 2022 bersama instansi terkait di halaman Mapolres Binjai, Jalan Sultan Hasanuddin No.1 Binjai, Jumat (30/12/2022) siang.

Dijelaskan Kapolres, setelah kini situasi mulai membaik dan normal kembali, para pelaku pun dinilai sudah berani melancarkan aksi kejahatannya kembali. Dimana, kasus pencurian sepeda motor masih menjadi kasus kriminalitas paling menonjol tahun ini.

“Kami akan terus berupaya untuk melakukan tindakan pencegahan preemtiv dan preventif dengan cara bekerjasama bersama Forkopimda untuk sesering mungkin menggelar kegiatan patroli gabungan dalam rangka memantau situasi demi terciptanya kondusifitas di Kota Binjai,” katanya.

Dijelaskan Kapolres bahwa pihaknya juga sudah melakukan upaya atau langkah-langkah tindakan pencegahan lainnya seperti melaksanakan GKN (Gerebek Kampung Narkoba) dan menggelar patroli atau razia di beberapa titik lokasi rawan terjadinya aksi kriminalitas. 

Adapun kasus yang dipaparkan oleh Kapolres Binjai sebagai berikut :

Kasus narkoba tahun 2022 yang ditangani oleh Satres Narkoba Polres Binjai sebanyak 137 kasus dengan penyelesaian 127 kasus, dengan jumlah tersangka laki-laki 186 orang dan tersangka perempuan sebanyak 13 orang dengan barang bukti yang berhasil disita selama tahun 2022 sebanyak : sabu-sabu 494,47 gram, ganja 8.235,06 gram dan extasi 1.991 butir

Sedangkan Satreskrim menangani kasus kriminalitas yang terjadi  pada tahun 2022 sebanyak 1.695 kasus dengan penyelesaian perkara sebanyak 1.196 kasus dan jumlah tersangka laki-laki sebanyak 792 orang, tersangka perempuan 97 orang sedangkan tersangka anak-anak sebanyak 40 orang.

Dan kasus laka lantas yang terjadi di wilayah hukum polres Binjai pada tahun 2022 sebanyak 299 kasus dengan korban MD 74 orang, LB 32 orang, LR 404 orang dengan kerugian Rp. 605.000.000.

Kegiatan konfrensi press pada akhir tahun 2022 di Polres Binjai dihadiri oleh Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, S.I.K.,M.H, Dandim 0203 Langkat Letkol Inf. M. Eko Prasetyo, walikota Binjai diwakili Asisten-III Pemko Binjaj Drs. Meidy Yusri, Kajari Binjai diwakili oleh Kasubsi Penuntutan Pidum Elly Syahfitri Harahap, SH, Waka polres Kompol Agung Basuni, SH, S.I.K, Para Kabag, para Kasat, Kapolsek, para perwira, kasi Humas polres Binjai dan para media cetak, media online dan TV. (bay)

Share this Article
Leave a comment