Home / Kabar Sumut / Binjai / Pengurus Komunitas UMKM FMJ Kota Binjai Resmi Dilantik

Pengurus Komunitas UMKM FMJ Kota Binjai Resmi Dilantik

BINJAI – Plt Walikota Binjai diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Binjai Eka Edi Saputra hadir dalam acara Pengukuhan dan Pelantikan Komunitas UMKM Finka Mekar Jilena (FMJ) Kota Binjai. Acara ditandai dengan peresmian Food Truck bagi pelaku UMKM binaan FMJ Kota Binjai di Pendopo Umar Baki Binjai, Sabtu (9/4/2021) pagi.

Kata Eka, pihaknya menyambut baik keberadaan komunitas UMKM FMJ di Kota Binjai. Karena kontribusi FMJ telah banyak membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produk baik secara online maupun offline.

“Makanya sudah sering saya sarankan coba membuat komunitas seperti ini karena ini sangat berdampak positif untuk kemajuan usaha para pelaku UMKM di Kota Binjai agar makin berkembang,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan, Sani selaku pembina UMKM dari Pemko Binjai. Dijelaskannya, FMJ sendiri merupakan salah satu komunitas UMKM di Kota Binjai yang telah banyak memberikan manfaat. Dimana tujuannya supaya bagaimana bisa mensejahterakan seluruh anggota yang tergabung di dalamnya.

“FMJ ini juga memiliki tujuan untuk bagaimana menciptakan anggotanya dapat menjadi instruktur handal di bidangnya seperti kuliner, fashion dan lain sebagainya,” katanya.

Keberadaan, FMJ, kata Sani tentu saja sangat membantu tugas pemerintah dalam mengembangkan potensi pelaku UMKM. Nah, mereka yang tergabung di FMJ akan diajarkan bagaimana menjadi instruktur handal di bidangnya masing-masing.

Sementara itu, Ketua Komunitas UMKM FMJ Kota Binjai, Umi Kalsum Bangun SH saat ditemui usai acara, menjelaskan pihaknya kini telah memiliki gerai atau toko yang memajang seluruh produk UMKM di Jalan Soekarno-Hatta, KM 19,7, Kec. Binjai Timur.

“Disini seluruh anggota yang tergabung diajari bagaimana menciptakan produk unggulan yang dicari di pasaran,” ujarnya.

Menurutnya persoalan yang selama ini dihadapi pelaku UMKM adalah tidak tersedianya sarana untuk memasarkan produknya seperti gerai ataupun galeri. Meski punya usaha tapi para pelaku UMKM banyak yang masih bingung mau memasarkan produknya kemana.

“Nah kita hadir untuk membantu supaya produk-produk mereka dapat dipasarkan secara online maupun offline,” sebutnya.

Sejauh ini, kata Umi Kalsum, sudah ada 20 pelaku UMKM yang tergabung sebagai anggota di komunitas FMJ. Seluruh anggota yang tergabung disini terdiri dari banyak jenis pelaku UMKM.

“Harapannya kedepan semoga di kota ini ada satu tempat khusus untuk para pelaku UMKM dalam menjual seluruh produk-produknya,” ujarnya. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ketua KNPI Binjai Bagi-bagi THR Untuk Pengurus dan Anggota

BINJAI – Ketua KNPI Binjai, M Zimmy Sembiring memberikan bingkisan Hari Raya ...