Home / Kabar Sumut / Asahan / Bupati Asahan Luncurkan Layanan Adminduk di Kecamatan

Bupati Asahan Luncurkan Layanan Adminduk di Kecamatan

ASAHAN – Bupati Asahan, H Surya Bsc, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Hj Titiek Sugiharti Surya, resmi meluncurkan Layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di kecamatan, dalam acara yang digelar di Aula Kantor Camat Pulaurakyat, Jumat (26/03/2021) pagi.

Acara dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Yusnila Indriati Taufik, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, H Supriyanto, Asisten Administrasi Umum, para pimpinan OPD terkait, Camat Pulaurakyat, Camat Bandarpulau, Camat Aekledong, Camat Rahuning, Camat Aeksongsongan, serta Camat Aekkuasan.

Di acara itu turut diserahkan 4.719 Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Hj Titiek Sugiharti Surya dan Yusnila Indriati Taufik.

Bupati Asahan, H Surya BSc, mengatakan, peluncuran Layanan Adminduk di tingkat kecamatan merupakan salah satu realisasi janji kampanyenya, sebagai upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan adminduk.

Apalagi dia menilai, kepemilikan dokumen kependudukan sangatlah penting, demi menjamin keabsahan identitas dan kepastian hukum atas setiap peristiwa kependudukan ataupun kejadian-kejadian penting yang dialami seorang penduduk.

“Dokumen adminduk merupakan bentuk perlindungan negara terhadap status hak sipil penduduk, sekaligus memberikan manfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya,” ujar Surya.

Dikatakannya, dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e), Akta Kelahiran, Akta Catatan Sipil, dan Kartu Identitas Anak, sangat dibutuhkan penduduk di semua strata sosial.

Sebab seluruh dokumen kependudukan tersebut merupakan awal dan salah satu persyaratan untuk pengurusan pelayanan publik lainnya.

Surya mencontohkan, penggunaan Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan. Tanpa adanya kedua dokumen itu, negara tidak dapat memberikan program-program pelayanan publik, khususnya terkait kesehatan, pendidikan, maupun urusan administrasi lainnya.

“Dengan diluncurkannya Layanan Adminduk di kecamatan, maka masyarakat tidak oerlu lagi repot mengurus dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sebab semua itu sudah dapat dilakukan di Kantor Camat Pulaurakyat, yang melayani masyarakat di enam kecamatan,” ungkapnya.

Adapun keenam kecamatan yang masuk dalam cakupan Layanan Adminduk di Kantor Kecamatan Pulaurakyat, antara lain Kecamatan Pulaurakyat, Kecamatan Rahuning, Kecamatan Bandarpulau, Kecamatan Aeksongsongan, Kecamatan Aekkuasan dan Kecamatan Aekledong.

“Bagi masyarakat yang berdomisili di enam kecamatan tadi, tentunya dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus dokumen kependudukan secara langsung. Saya juga pastikan ini semua gratis,” seru Surya.

Secara khusus dia pun turut menginstruksikan seluruh jajaran camat, lurah, dan kepala desa, untuk membantu warganya dan memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya memiliki dokumen kependudukan.

“Sesuai rencana, layanan adminduk yang resmi kita luncurkan hari ini di Kecamatan Pulaurakyat, secara bertahap akan kita kembangkan di kecamatan lainnya. Sehingga pelayanan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Asahan benar-benar menyentuh masyarakat bawah dan pinggiran,” terang Surya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan, H Supriyanto, menyatakan, peluncuran Layanan Adminduk merupakan implementasi Undang-Undang Nomor: 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor: 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Menurutnya, Layanan Adminduk di kecamatan dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan dan mengoptimalkan pelayanan publik, aagar terwujud visi Pemerintah Kabupaten Asahan mewujudkan masyarakat yang sejahtera, relijius dan berkarakter.

Selain itu pula, sambung Supriyanto, peluncuran Layanan Adminduk di kecamatan bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kepemilikan dokumen kependuduka, sesuai Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang telah dicanangkan pada 2019 lalu.

“Jadi, jenis Layanan Adminduk yang disediakan di Kecamatan Pulaurakyat adalah pengurusan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, perekaman KTP-e, pencetakan KTP-e,” jelasnya. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Amir Hamzah Ikuti Rapat Secara Virtual Memperingati Hari Jadi ke 73 Provsu

BINJAI – Plt. Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah M. AP mengikuti ...