Home / Kabar Sumut / Romelta Ginting Soroti Tambang Ilegal Milik PT AP3

Romelta Ginting Soroti Tambang Ilegal Milik PT AP3

LANGKAT – Ketua Fraksi PDIP DPRD Langkat, Romelta Ginting menyoroti keberadaan tambang ilegal Galian C milik PT AP3 di Dusun Jati Tunggal, Desa Buluh Telang, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat.

Kata Romelta, pihaknya sudah melakukan sidak ke lokasi Galian C milik PT AP3. Dimana, keberadaan Galian C telah menimbulkan kerusakan badan jalan.

“Akibat truck dari lokasi Galian C yang melintas tidak hanya membuat rusak jalan, tapi banyak tiang listrik yang nyaris tumbang dan bangunan rumah warga disini yang jadi retak,” kata Romelta, Jum’at (5/3) sekira pukul 16.30 WIB.

Romelta menduga keberadaan Galian C tersebut belum memiliki izin. Apabila terbukti, maka tentu saja ini sudah sangat merugikan daerah.

“Kalau memang tak ada izinnya, berarti selama ini Pemkab Langkat tidak pernah memperoleh PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari usaha Galian C tersebut,” ucapnya.

Romelta minta keseriusan pihak kepolisian untuk menyelidiki keberadaan Galian C tersebut. Sebab jangan sampai keberadaan Galian C justru menimbulkan kerusakan lingkungan disini.

“Tolong kepada pak polisi supaya tidak menutup mata,” ucapnya.

Berdasarkan hasil temuan di lapangan, kata Romelta, pihaknya menerima informasi bahwa Galian C di Desa Buluh Telang telah berjalan selama dua bulan. Sedangkan di Desa Kwala Pesilam sudah 6 bulan lamanya.

“Bayangkan mereka sudah terang terangan-terangan menggunakan ruck besar dan alat berat untuk menggali tanah disitu, namun sampai saat ini tidak ada sedikitpun perhatian dan tindakan dari penegak hukum,” kecewa Romel.

“Jika hal-hal yang merugikan kabupaten Langkat dan masyarakat terus dibiarkan bukan tidak mungkin DPRD bersama elemen masyarakat akan kembali bergerak untuk melakukan sidak-sidak ke tempat galian C ilegal lainnya,” pungkas Romel.

Pada dasarnya, kata Romelta mereka sangat mendukung program pembangunan nasional bapak Presiden RI Jokowi Dodo. Namun tidak dengan membiarkan mafia berkedok pengusaha bebas melanggar hukum dan merusak fasilitas masyarakat dan lingkungan di bumi Langkat. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Amir Hamzah Ikuti Rapat Secara Virtual Memperingati Hari Jadi ke 73 Provsu

BINJAI – Plt. Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah M. AP mengikuti ...