Home / Kabar Sumut / Rusia Siap Investasi 100 Juta Dolar AS di Aceh

Rusia Siap Investasi 100 Juta Dolar AS di Aceh

MEDAN – Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Sumatera Utara, Khairul Mahalli, menyatakan, investor Rusia siap berinvestasi di Aceh. Tak tanggung-tanggung, dana yang akan dikucurkan minimal mencapai 100 juta dolar Amerika Serikat.

“Justru Pemerintah Provinsi Aceh harus segera menjalin komunikasi formal dengan Pemerintah Rusia,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (13/01/2021).

Menurut Mahalli, kesiapan investor Rusia bernivestiasi di Aceh diketahui berdasarkan hasil “short business discussion” dengan perwakilan Russian of Commerce-Madam Olga.

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Aceh dapat membangun “sister-province” dengan Chechnya, salah satu provinsi terkaya di Rusia, dengan penduduk mayoritas Muslim.

Dia sendiri mengakui, investor Rusia cukup tertarik berinvestasi di sektor industri perikanan, wellness and healthcare tourism, serta high technology. Namun untuk mendukung hal ini, tentunya perlu garansi politik dari Pemerintah Provinsi Aceh.

Sebagai contoh, Pemerintah Aceh dapat membuat program undangan kepada para investor Rusia untuk melakukan “site visit” selama dua pekan di Aceh. Di sini, para investor asal Rusia akan menyewa pesawat dan menanggung semua biayanya.

“Perlu segera didirikan kantor informasi kerjasama Aceh-Rusia, dan perlu pula didirikan perusahaan cangkang untuk menerima saham dari para investor Rusia,” ujar Mahalli. (dika/tiar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Yayasan Marga Wijaya Medan Berbagi Kebahagian Imlek

BINJAI – Yayasan Marga Wijaya Medan menggelar kegiatan berbagi kebahagiaan menjelang perayaan ...