Home / Kabar Sumut / Asahan / Pengerukan Sungai Asahan Solusi Atasi Persoalan Lingkungan dan Banjir

Pengerukan Sungai Asahan Solusi Atasi Persoalan Lingkungan dan Banjir

ASAHAN – Pengerukan sedimen merupakan solusi paling efektif dalam mengatasi persoalan kerusakan lingkungan dan upaya memaksimalkan proses mitigasi bencana banjir terhadap kawasan bantaran Sungai Asahan.

Hal tersebut diunhkapkan Komandan Pangkalan Laut Tanjungbalai-Asahan (Danlanal TBA), Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, saat Coffee Morning bersama Forkopimda Kabupaten Asahan dan Kota Tanjungbalai, di Mako Lanal TBA, Rabu (13/01/2021).

Robinson mengatakan, pendangkalan Sungai Asahan sudah sangat mengkhawatirkan. Kondisi ini tentunya memberikan dampak buruk bagi manusia dan mahluk hidup yang ada di sekitar kawasan bantaran sungai.

“Penumpukan material padat di dasar sungai menyebabkan daya tampung sungai berkurang, kualitas air menurun, dan rawan bencana banjir. Tentu saja hal ini mengancam kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan,” jelasnya.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Asahan, H Surya BSc, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan sudah sepakat dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai untuk mencari solusi terkait masalah pendangkalan Sungai Asahan.

“Beberapa waktu lalu kita telah melakukan kajian ilmiah, dengan menggandeng Universitas Sumatera Utara (USU), guna melakukan kajian sedimentasi terhadap aliran Sungai Asahan,” terangnya.

Sebagai tindak lanjut, Surya mengaku, pihaknya juga telah melakukan pertemuan dengan perwakilan dari Kementerian Lingkugan Hidup dan Kehutanan, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, termasuk dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai.

Dari hasil pertemuan itu, akhirnya diambil suatu kesepakatan berdasarkan beberapa kajian. Dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat USU disimpulkan bahwa sedimentasi di sepanjang Sungai Asahan berdampak terhadap kerusakan lingkungan, melemahnya kemampuan ekonomi masyarakat, munculnya problematika sosial, dan terjadinya banjir.

“Saya berharap, Pemerintah Kabupaten Asahan dan Pemerintah Kota Tanjungbalai menghasilkan progres nyata agar pengerukan Sungai Asahan dapat dilakukab dalam waktu dekat. Tentunya hal ini harus didukung seluruh unsur forkopimda,” sebut Surya.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Walikota Tanjungbalai, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Ketua DPRD Kota Tanjungbalai, Dandim 0208/Asahan, Kapolres Tanjungbalai, Kepala Bea Cukai Tanjungbalai, Sekdakab Asahan, serta para pimpinan OPD terkait. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Yayasan Marga Wijaya Medan Berbagi Kebahagian Imlek

BINJAI – Yayasan Marga Wijaya Medan menggelar kegiatan berbagi kebahagiaan menjelang perayaan ...