Home / Kabar Sumut / Mulai Besok, 2.490 Tenaga Kesehatan di Binjai Siap Divaksin

Mulai Besok, 2.490 Tenaga Kesehatan di Binjai Siap Divaksin

BINJAI – Dinas Kesehatan Kota Binjai siap melakukan vaksinasi pencegahan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terhadap 2.490 tenaga kesehatan, mulai Kamis (14/01/2021) besok.

Hal tersebut diketahui menyikapi telah tibanya 5.000 vial vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Binjai, Rabu (13/01/2021) pagi.

“Vaksinasi tahap pertama kita berikan kepada para tenaga kesehatan dan akan kita lakukan mulai besok,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, dr Sugianto SpOG, didampingi Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, dr Indra Tarigan.

Dikatakan Sugianto, dari total 5.000 vial vaksin Covid-19 tadi, sebanyak 2.490 vial di antaranya akan disuntikan kepada para tenaga kesehatan. Sedangkan 10 lagi disuntikan kepada para tokoh masyarakat, serta sisanya kepada pelayan publik dan masyarakat.

“Vaksinasi kepada tahap dua rencananya dilakukan 14 hari setelah vaksinasi tahap pertama. Proses vaksinasi sendiri dilakukan di delapan puskesmas se-Kota Binjai, dan di Rumah Sakit Kesrem (RS Tentara Binjai),” ungkapnya.

Menurut Sugianto, saat pelaksanaan vaksinasi, masing-masing puskesmas dan rumah sakit yang telah ditunjuk tadi akan menyediakan empat meja.

Dalam hal ini, meja pertama digunakan untuk tahap pendaftaran penerima vaksin, meja kedua untuk tahap skrining atau melihat kontra indikasi terhadap vaksin, meja ketiga untuk pengambilan formulir, dan meja keempat untuk pelaksanaan vaksinasi.

“Jika dalam tahap skrining si penerima vaksin ternyata terinfeksi Covid-19, hamil, atau menderita penyakit kronis, maka dia tidak akan menerima suntikan vaksin,” seru Sugianto.

Sebaliknya, jika ada warga yang menolak divaksin, maka pihaknya akan melakukan pendekatan verbal melalui sosialisasi dan penjelasan terkait tujuan dan manfaat vaksinasi tersebut.

Tentu saja dia berharap, masyarakat berinisiatif datang sendiri ke puskesmas dan rumah sakit untuk menjalani vaksinasi, dengan tujuan meningkatkan kekebalan tubuh dari kemungkinan terinfeksi Covid-19.

“Jika masyarakat sudah divaksin, kita berharap pandemi Covid-19 dapat mereda. Apalagi vaksinasi ini gratis. Rencananya pun setelah tenaga kesehatan, proses vaksinaksi akan dilakukan terhadap pelayan publik dan masyarakat,” ujar Sugianto.

Seperti diketahui, proses vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Sumatera Utara dilaksanakan pertama kali di kawasan Mebidang, meliputi Kota Medan, Kota Binjai, dan Kabupaten Deliserdang.

Untuk Kota Medan, alokasi vaksin Covid-19 untuk tenaga kesehatan kesehatan sebanyak 18.729 vial. Sedangkan untuk Kota Binjai dialokasikan 2.490 vial vaksin Covid-19, dan Kabupaten Deliserdang sebanyak 4.874 vial. (dika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Yayasan Marga Wijaya Medan Berbagi Kebahagian Imlek

BINJAI – Yayasan Marga Wijaya Medan menggelar kegiatan berbagi kebahagiaan menjelang perayaan ...