Home / Kabar Sumut / KSJ Asahan Bantu Korban Banjir

KSJ Asahan Bantu Korban Banjir

ASAHAN – Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Kabupaten Asahan menyalurkan bantuan kepada para korban banjir di Desa Sungaidua, Kecamatan Simpangempat, Kabupaten Asahan, Jumat (18/12/2020) siang.

Bantuan yang disalurkan berupa paket bahan makanan seperti beras, gula, teh dan mie instan, dan nasi kotak, termasuk pakaian layak pakai.

Selain menyaurkan bantuan bahan makanan, KSJ Kabupaten Asahan turut pula memberikan layanan kesehatan gratis bagi warga terdampak banjir, yang terlaksana berkat kerjasama dengan tim medis Puskesmas Simpangempat.

Koordinator pelaksana kegiatan, dr Faisal Irwanda Pane, mengatakan, penyaluran bantuan dan layanan kesehatan gratis merupakan bagian dari aksi kemanusiaan dalam membantu warga terdampak banjir.

“Alhamdulillah, hari ini kita masih diberikan rezeki, kesempatan, dan kesehatan, untuk saling berbagi kepada saudara kita yang terdampak bencana banjir di Desa Sungaidua, Kecamatan Simpangempat,” ungkapnya.

Secara khusus Faisal mengungkapkan rasa terimakasihnua kepada para donatur, relawan, dan tim medis Puskesmas Simpangempat, atas bantuan dan peransertanya dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

“Semoga kebaikan ini mendapat balasan pahala dari Allah Subhanahu Wa Taala, dan apa yang dilakukan KSJ Kabupaten Asahan dapat menggetarkan hati orang-orang yang dengan rezeki berlebih untuk membantu sesama,” ujarnya.

Apalagi menurut Faisal, jika seorang mukmin ikhlas membantu meringankan beban mukmin lainnya di dunia, niscaya Allah Subahanhu Wa Taala akan pula meringankan kesusahan hidup mereka, baik di dunia maupun di akhirat.

“Sesuai hadist Rasulullah, barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang kesulitan, niscaya Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat. Hadist Riwayat: Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, dan Ibnu Majah,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Medis Puskesmas Simpangempat, Aldi Yadi Bachtiar Hasibuan, mengapresiasi kepedulian dan kesigapan Relawan KSJ Kabupaten Asahan untuk membantu warga terdampak banjir.

“Ini luar bisa. Salut buat Relawan KSJ Kabupaten Asahan, karena rela turun langsung ke lokasi korban banjir untuk memberikan bantuan. Semoga ke depannya KSJ Kanupaten Asahan semakin baik,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua KSJ Kabupaten Asahan, dr Affan Solihin SpOG, Sabtu (19/12/2020), mengatakan, penyaluran bantuan dan layanan kesehatan gratis kepada warga terdampak banjir merupakan bagian dari aksi solidaritas dan bentuk kepedulian dengan sesama untuk saling berbagi.

Walaupun apa yang dilakukan KSJ Kabupaten Asahan belum mampu sepenuhnya menyelesaikan persoalan banjir, namun dia berharap upaya tersebut dapat membantu meringankan beban psikologis para korban.

“Dengan kita turun langsung ke lokasi banjir, paling tidak kita dapat merasakan bagaimana perasaan para korban, sekaligus membantu memulihkan kondisi psikologis, ekonomi, dan kesehatan mereka,” ujar Affan.

Sebaliknya, Sekretaris KSJ Kabupaten Asahan, Sonya, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada warga Kelurahan Bunut Barat. Pasalnya, warga Kelurahan Bunut Barat rutin bersedekah nasi kotak, yang kali ini disalurkan kepada warga terdampak banjir.

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih, terkhusus kepada Ibu Asmawati Nasution, selaku Relawan KSJ. Semoga amalan ini memotivasi saudara-saudara kita di kelurahan lain untuk membantu sesama,” ucap Sonya. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemko Binjai Ikuti Rakor Penanganan Covid-19 Dengan Mendagri

BINJAI – Walikota Binjai Drs H. Amir Hamzah, M.AP bersama dengan Kapolres ...