Home / Kabar Sumut / Reses di Asahan, DPRD Sumut Fokus Bahas Efektivitas Mitigasi Bencana

Reses di Asahan, DPRD Sumut Fokus Bahas Efektivitas Mitigasi Bencana

ASAHAN – Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara V menggelar reses di Kabupaten Asahan, dalam pertemuan yang digelar di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (16/12/2020).

Kegiatan dihadiri (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten (Sakdakab) Asahan, Drs Jhon Hardi Nasution MSi, Asisten Sekdakab Bidang Administrasi Umum, pejabat perwakilan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Asahan, serta unsur pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

Ketua Tim Reses DPRD Provinsi Sumatera Utara, Ebenejer Sitorus, mengatakan, reses kali ini dilaksanakan pihaknya dengan maksud mengukur sejauhmana efektivitas mitigasi bencana yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Asahan dalam upaya mencegah dan menanggulangi banjir.

Secara khusus dia mengaku, DPRD Provinsi Sumatera Utara juga ingin memastikan persoalan banjir yang melanda empat desa di dua kecamatan, diduga sebagai dampak penutupan tanggul pada tiga titik aliran sungai oleh PT Inti Palm Sumatera (IPS), sudah diselesaikan dengan baik.

“Seharusnya perusahaan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan bukanmya malah merugikan masyarakat. Maka dari itu, tindak tegas perusahaan yang dinilai merugikan masyarakat,” tegas Eben.

Di sisi lain, katanya, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Dapil Sumatera Utara V senantiasa mendukung langkah lanjutan Pemerintah Kabupaten Asahan untuk memberikan teguran atau sanksi admibistrasi kepada PT IPS.

Menanggapi dukungan itu, Sekdakab Asahan, Drs John Hardi Nasution MSi, mengungkapkan terimakasihnya kepada jajaran Anggota DPRD Provinsi Sumateratara Dapil Sumatera Utara V. Dia berjanji, pemerintah Kabupaten Asahan akan memberikan tindakan tegas kepada PT IPS.

“Alhamdulillah, penanggulangan banjir di Kabupaten Asahan telah berjalan demhan cukup baik. Koordinasi dengan semua pihak, termasuk dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga berjalan intensif. Sehingga penanggulangan banjir dapat dilakukan maksimal,” ujarnya.

Selain itu pula Jhon berharap, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat menjamin lenyaluran bantuan demi mengoptimalkan penganggulangan bagi korban banjir. Apalagi banjir merupakan salah satu bencana alam yang terjadi hampir satiap tahun.

“Karena itu, Pemerintah Kabupaten Asahan akan terus melakukan langkah-langkah.penanggulangan banjir, tentunya dengan baatas kemampuan dan potensi yang dimiliki,” seru Jhon. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Di Binjai, 2490 Tenaga Medis Mulai Divaksin

BINJAI – Sebanyak 2490 tenaga medis yang bertugas di Puskesmas se-Kota Binjai ...