Home / Kabar Sumut / Rapat dengan Forkopimda Asahan, PT IPS Setuju Buka Tanggul Pemicu Banjir

Rapat dengan Forkopimda Asahan, PT IPS Setuju Buka Tanggul Pemicu Banjir

ASAHAN – Bupati Asahan, H Surya BSc, dan unsur Forkopimda Kabupaten Asahan, menggelar rapat terbuka dengan Komisaris dan jajaran direksi PT Inti Palm Sumatera (IPS), di Kantor Bupati Asahan, Selasa (15/12/2020).

Pertemuan tersebut dilaksanakan guna membahas aksi unjukrasa ratusan warga Desa Perbangunan dan Desa Pertahanan, Kecamatan Seikepayang, beserta sejumlah aktivis yang tergabung dalam Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) di Kantor Bupati Asahan, Senin (14/12/2020) malam.

Dimana dalam tuntutannya, warga meminta PT IPS membukaan tanggul di tiga titik, sebagai upaya mengurangi dampak banjir luapan air sungai yang melanda pemukiman warga.

Terlihat hadir, Komisaris PT IPS, Sutekno Satya alias Solihin, Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Dandim 0208/Asahan, Letkol (Inf) Sri Marantika Beruh, serta sejumlah pejabat perwakilan dari DPRD Kabupaten Asahan, Kejari Asahan, dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Dalam arahannya, Bupati Asahan, H Surya BSc, meminta PT IPS dapat memenuhi permintaan warga di kedua desa untik segera membuka tanggul di tiga titik aliran sungai.

“Pemerintah Kabupaten Asahan siap menjembatani persoalan ini. Sehingga persoalan ini dapat diselesaikan dengan cara yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, mengatakan, unsur Forkopimda Kabupaten Asahan tentunya mendukung permintaan masyarakat, agar tidak terjadi gejolak sosial yang dapat memgancam kondusifitas Kabupaten Asahan.

“Harapan kami juga sama, agar PT IPS dapat menyahuti aspirasi masyarakat. Sebab suatu perusahaan akan maju dan berkembang jika didukung dan mampu memberikan andil positif bagi masyarakat setempat,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Dandim 0208/Asahan, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, yang turut meminta PT IPS bergerak cepat untuk merealisasikan aspirasi dan keluhan masyarakat.

“Di sini, kami sependapat dengan yang lain. Jadi solusi terbaiknya, PT IPS diharakan menyahuti aspirasi dan keluhan masyarakat, serunya.

Menanggapi permintaan tersebut, Komisaris PT IPS, Sutekno Satya mengaku akan memenuhi permintaan masyarakat untuk secepatnya membuka tanggul di tiga titik, yang selama ini dianggap sebagai pemicu terjadinya banjir luapan air sungai.

“Hari ini juga, kami mulai buka ketiga tanggul tersebut. Namun kami tetap meminta masyarakat bersabar, karena pembukaan tanggul tidak bisa kami lakukan sekaligus, melainkan secara bertahap,” ujar Sutekno. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemko Binjai Ikuti Rakor Penanganan Covid-19 Dengan Mendagri

BINJAI – Walikota Binjai Drs H. Amir Hamzah, M.AP bersama dengan Kapolres ...