Home / Kabar Sumut / Empat Kali Beruntun, Asahan Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Empat Kali Beruntun, Asahan Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

ASAHAN – Kabupaten Asahan meraih penghargaan sebagai salah satu Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2020 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI). Penghargaan ini terasa spesial, karena diraih untuk keempat kalinya secara beruntun sejak 2016.

Piagam penghargaan Kabupaten Peduli HAM diserahkan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly, melalui Kepala Kantot Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham RI Provinsi Sumatera Utara, Sutrisno, pada peringatan Hari HAM Sedunia ke-72 yang digelar di Aula Lantai 5 Kanwil Kemenkuham Provinsi Sumatera Utara, Senin (14/12/2020).

“Alhamdulillah, kinerja Kabupaten Asahan terus mendapat apresiasi positif dari pemerintah pusat. Ini menjadi spirit bagi kami untuk terus berinovasi lebih baik lagi, khususnya yang terkait dengan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat,” ungkap Bupati Asahan, H Surya BSc, Selasa (15/12/2020).

Surya mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bagian dari penilaian dan tolak ukur atas realisasi pemenuhan HAM pada seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Kriteria penilaiannya antara lain menyangkut hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, dan hak atas lingkungan berkelanjutan.

“Alhamdulillah, Kabupaten Asahan dinilai mampu memenuhi semua kriteria tersebut,” ujar Surya.

Dia mencontohkan, berbagai langkah inovatif tepah dilakukan Kabupaten Asahan untuk memenuhi hak-hak warganya. Salah satunya ialah hak atas kependudukan. Saat ini pun Kabupaten Asahan sekarang telah meluncurkan program Sistem Transportasi Ojek Antar Administrasi Kependudukan (Si Togap) dan Team Jebol (Jemput Bola).

Upaya ini, kata Surya, dilakukan Pemerintah Kabupaten Asahan sebagai upaya mempercepat layanan administrasi kependudukan. Terbukti, Kabupaten Asahan menjadi penerima penghargaan terbaik II untuk kategori registrasi kependudukan se-Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

“Melalui program ini, masyarakat Kabupaten Asahan akan mendapatkan layanan administrasi kependudukan dengan cepat dan gratis,” jelasnya.

Lebih jauh Surya mengatakan, pemenuhan HAM juga dilalukan dpada bidang pendidikan. Dianjurkan agar semua sekolah di Kabupaten Asahan wajib memberi kesempatan pendidikan kepada semua anak.

“Baik anak normal maupun anak berkebutuhan khusus (ABK), mereka dapat belajar di sekolah yang sama, mempelajari mata pelajaran yang sama, dan mengikuti semua kegiatan di sekolah tanpa ada unsur diskriminasi,” terangnya.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenkuham Provinsi Sumatera Utara, Sutrisno, menyampaikan ucapan selamat kepada 16 kabupaten/kota se-Sumatera Utara yang telah meraih penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM 2020.

Seluruh daerah dimaksud antara lain Kabupaten Asahan, Kabupaten Pakpakbharat, Kabupaten Batubara, Kabupaten Samosir, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Karo, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kota Binjai, Kota Pematangsiantar, Kabupaten Padanglawas, Kota Sibolga, Kabupaten Padanlawas Utara, dan Kota Tebingtinggi.

“Semoga di tahun depan, kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara dapat menerima penghargaan yang sama,” ujar Sutrisno. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemko Binjai Ikuti Rakor Penanganan Covid-19 Dengan Mendagri

BINJAI – Walikota Binjai Drs H. Amir Hamzah, M.AP bersama dengan Kapolres ...