Home / Kabar Sumut / 79 Warga Asahan Keracunan Massal

79 Warga Asahan Keracunan Massal

ASAHAN – Sedikitnya 79 warga Dusun I dan III, Desa Punggulan, Kecamatan Airjoman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, mengalami keracunan massal, Kamis (10/12/2020) malam.

Peristiwa itu terjadi sesaat setelah warga menyantap bekal makanan yang mereka bawa dari acara perwiritan yang digelar di salah satu rumah warga.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan, Asrul Wahid, mengatakan, saat ini seluruh korban keracunan massal masih menjalani perawatan medis.

Dia mengaku, dari 79 korban keracunan makanan, 5 di antaranya dirawat di RSUD haji Abdul Manan Simatupang (HAMS), 37 orang lagi dirawat di Puskesmas Binjaiserbangan, dan 37 orang lainnya menjalani rawat jalan.

“Seluruh korban terdiri dari orang dewasa dan anak-anak,” terang Asrul.

Menurutnya, seluruh korban mengalami gejala keracunan usai menyantap bekal makanan dan minuman dari acara perwiritan di salah satu rumah warga, Kamis (10/12/2020) sore.

Namun sekira pukul 18.00 wib, puluhan warga mulai merasakan mual dan pusing, disertai dan muntah-muntah. Segera saja mereka dibawa dan dirawat di Puskesmas Binjaiserbangan.

Sedangkan beberapa warga yang mengalami gejala keracunan cukup parah, selanjutnya dirujuk untuk dirawat di RSUD HAMS, Kisaran.

“Kita prediksi jumlah korban masih akan bertambah. Sebab pendataan masih terus kita lakukan,” ujar Asrul.

Menyikapi peristiwa keracunan massal 79 warga Desa Punggulan, Bupati Asahan, H Surya Bsc, mengintruksikan Sekdakab Asahan, Jhon Hardi Nasution, melakukan percepatan penanganan para korban dan menyelidiki penyebab terjadinya keracunan massal itu.

Bersama anggota DPRD Kabupaten Asahan, Fajar Priyanto, serta Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Pelaksana BPBD, dan Kepala Satuan Polosi Pamong Praja Kabupaten Asahan, Jhon Hardi pun turut meninjau kondisi para korban yang dirawat di RSUD HAMS, Kisaran.

“Kita sudah instruksikan Dinas Kesehatan untuk menangani para korban secara optimal. Kita juga minta agar sampel makanan tadi diuji lab, agar kita bisa tahu penyebab keracunan massal ini, seru Jhon Hardi. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BPJS Ketenagakerjaan dan Pemko Binjai Gelar Rapat Kerjasama Operasional

BINJAI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Binjai gelar Rapat ...