Home / Kabar Sumut / Surya Kembali Jabat Bupati Asahan

Surya Kembali Jabat Bupati Asahan

ASAHAN – Pemerintah Provinsi Sumatrra Utara menggelar serah-terima jabatan Bupati Asahan dari Penjabat Sementara (Pjs), Basarin Yunus Tanjung, diwakili Pelaksana Harian (Plh), John Hardi Nasution, kepada H Surya BSc.

Acara dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumateta Utara, Senin (07/12/2020), serta dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), DR Ir Hj R Sabrina MSi.

Bersamaan dengan itu, turut pula dilaksanakan serah-terima jabatan bupati dan walikota lainnya, menyusul telah selesainya masa cuti para calon petahana peserta Pilkada Serentak 2020 se-Sumatera Utara.

Serah-terima jabatan itu sendiri dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI Nomor: 1 Tahun 2018, tentang Perubahan Atas Permendagri RI Nomor: 74 Tahun 2016, tentang Cuti di Luar Tanggungan Negara Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

Sesuai Pasal 7 Ayat (2) Huruf (a) Permendagri RI Nomor: 1 Tahun 2016 menyatakan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati berakhir pada saat Bupati selesai menjalani cuti di luar tanggungan negara.

Seperti diketahui, Bupati Asahan, H Surya BSc, menjalani cuti di luar tanggungan negara untuk melaksanakan kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan 2020.

Sekdaprovsu, Dr Ir Hj R Sabrina MSi, mengajak semua pihak menjaga kohesivitas dan kondusifitas di masa tenang jelang tahapan pemungutan suara Pilkada Serentak 2020.

“Tetaplah bekerja optimal dan lakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara, dengan upaya – upaya persuasif, serta menjadikan masyarakat sebagai subjek aktif dan garda terdepan pencegahan Covid-19,” pintanya.

Secara khusus Sabrina mengapresiasi peran dan kinerja para (Pjs) Bupati dan Walikota se-Sumatera Utara, yang sudah optimal menjalankan tugas sementara sebagai kepala daerah.

“Hanya orang-orang pilihan saja yang mendapat kepercayaan Bapak Gubernur Sumatera Utara untuk mendapat tugas tambahan sebagai (Pjs) kepala daerah definitif,” ungkapnya.

Lebih jauh Sabrina menyebut, penugasan (Pjs) bupati dan walikota di Sumatera Utara merupakan bagian dari amanat Undang-Undang. Sehingga serah-terima jabatan menjadi bukti ketaatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terhadap regulasi yang ada.

Di sisi lain dia menilai, penempatan pejabat pemerintah sebagai (Pjs) kepala daerah harus pula dijadikan kesempatan berharga bagi abdi negara untuk berkiprah lebih baik, lebih banyak, dan lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Kepada bupati dan walikota, kami ucapkan selamat menjalankan tugas kembali. Kami juga berharap, di masa pandemi Covid-19 seluruh kepala daerah di Sumatera Utara mampu menjalankan program pemerintahan dengan rasa optimisme tinggi,” seru Sabrina.

“Tidak lupa kami menghimbau, seluruh kepala daerah di Sumatera Utara dapat mengawal dan berperanserta mendukung terlaksananya Pilkada Serentak 2020 yang aman, damai, dan sehat,” imbuhnya. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pj. Sekda Resmikan Masjid Taqwa Gedung Muhammadiyah Kota Binjai

BINJAI – Pj. Sekdako Kota Binjai H. Irwansyah Nasution S. Sos menghadiri ...