Home / Kabar Sumut / Banjir Setinggi Atap Rumah Tenggelamkan 5 Kecamatan di Binjai

Banjir Setinggi Atap Rumah Tenggelamkan 5 Kecamatan di Binjai

BINJAI – Kota Binjai kembali dikepung banjir. Ribuan rumah yang berada di dekat pinggiran Sungai Bingei, Mencirim dan Bangkatan terendam, Jumat (4/12) dinihari.

Menurut informasi, air sudah mulai meluap sekira pukul 01.45 Wib. Hingga pagi tadi ketinggian air sudah mencapai atap rumah.

Meski tidak ada korban jiwa, namun warga hanya bisa pasrah melihat rumah mereka terendam banjir. Tanpa bisa sempat menyelamatkan barang-barang seisi dalam rumahnya.

Sejumlah petugas dari BPBD Binjai sudah turun ke lokasi untuk membantu proses evakuasi penyelamatan terhadap warga yang terjebak banjir.

Menggunakan perahu karet, satu persatu warga yang umumnya berusia renta, wanita, dan anak-anak dievakuasi petugas ke tempat yang lebih tinggi.

Selain melakukan evakuasi, sekitar pukul 04:50, personel BPBD Binjai juga sudah mengangkut sembako untuk diolah di dapur umum yang sejak kenaikan air sudah didirikan.

Persiapan personel BPBD Binjai untuk menghadapi bencana banjir tampaknya sudah cukup matang. Sebab, sejak pukul 20:30, personel BPBD sudah sibuk mempersiapkan tenda ke dalam mobil truk.

Persiapan ini dilakukan, mengingat debit air sungai yang terus menerus dipantau mengalami kenaikkan yang sangat cepat. Sehingg personel BPBD langsung mengambil langkah dengan melakukan persiapan dini.

Kepala BPBD Binjai Ahmad Yani melalui Koordinator Pusdalops, Surya, menegaskan pihaknya masih melakukan pendataan korban banjir. Kata Surya, beberapa wilayah terdampak banjir sudah surut dan warga mulai membersihkan kediamannya.

“Banjir tersebar di 16 kelurahan dari seluruh kecamatan yang ada. Ada 4 kelurahan yang belum terdata. Kami masih di lapangan melakukan pendataan,” ujar Surya. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Yayasan Marga Wijaya Medan Berbagi Kebahagian Imlek

BINJAI – Yayasan Marga Wijaya Medan menggelar kegiatan berbagi kebahagiaan menjelang perayaan ...