Home / Kabar Sumut / APBD Binjai Senilai Rp 1,23 Triliun Sah Diketok

APBD Binjai Senilai Rp 1,23 Triliun Sah Diketok

BINJAI – R-APBD (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Binjai tahun 2021 telah disepakati DPRD dan Pemko Binjai sebesar Rp 1,23 triliun, Sabtu (30/11) malam.

Rapat paripurna yang berlangsung sejak pukul 14.00 Wib siang baru bisa disahkan pada pukul 20.00 Wib malam hari. Hal ini terjadi karena adanya keterlambatan kelengkapan dokumen sebagai syarat pengesahan.

“Jadi gini ya, hampir seluruh kab/kota di Sumut satu pun belum ada yang mensahkan,” kata Anggota DPRD Binjai, Yudi Pranata, Senin (30/11) malam.

Oleh sebab itu, sambung Yudi, seluruh daerah hari ini sedang menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan R-APBD tahun 2021 yang batas akhirnya sampai tanggal 30 November.

“Terlambatnya disahkan karena adanya peraturan, yaitu untuk penganggaran itu dulunya ada Simda, tapi sekarang ini melalui SIPD yang koneksinya itu langsung dari Mendagri,” jelasnya.

Kata Yudi, alokasi anggaran tetap mengacu kepada infrastruktur pembangunan, layanan masyarakat dan termasuk jaminan kesehatan untuk masyarakat tidak mampu.

“Jadi untuk biaya berobat warga kurang mampu ke rumah sakit tetap kita anggarkan dan sudah disahkan dengan nilai tetap Rp 4 Miliar, sama seperti tahun lalu,” ujarnya.

Yudi menghimbau kepada setiap OPD untuk memaksimalkan serapan anggarannya.(bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pj. Sekda Resmikan Masjid Taqwa Gedung Muhammadiyah Kota Binjai

BINJAI – Pj. Sekdako Kota Binjai H. Irwansyah Nasution S. Sos menghadiri ...