Home / Kabar Sumut / Puskesmas Sidodadi Sosialisasi Pemenuhan Makanan Sehat bagi Anak

Puskesmas Sidodadi Sosialisasi Pemenuhan Makanan Sehat bagi Anak

ASAHAN – Puskesmas Sidodadi bersama Puskesmas Pembantu Seirenggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat, menggelar penyuluhan kesehatan bertajuk “Edukasi dan Konseling Pembinaan Makanan Bayi dan Anak (PMBA) Gizi Seimbang, Selasa (24/11/2020) pagi.

Kegiatan dihadiri KetuaTP PKK Kecamatan Kota Kisaran Barat, Nurul Husna, Kepala Puskesmas Sidodadi, Ratna Juwita, Kepala Puskesmas Pembantu Seirengas, Susilawati, Ketua TP PKK Kelurahan Seirenggas, Miswati, serta para kader posyandu kesehatan se-Kelurahan Seirenggas.

Kepala Puskesmas Sidodadi, Ratna Juwita, mengatakan, makanan sehat dengan gizi seimbang merupakan elemen penting yanh harus dipenuhi dalam mendukung optimalitas pertumbuhan fisik, mentalitas, dan intelektualitas bayi dan anak.

Di sisi katanya, pemenuhan menu makanan sehat dengan gizi seimbang menjadi salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh bayi dan anak, yang diharapkan mampu menurunkan potensi terinfeksi virus dan penyakit mematikan.

“Di sini, kita turut perkenalkan konsep “Isi Piringku”, sebagai pengganti konsep empat sehat lima sempurna, yang menjadi pedoman bagi masyarakat dalam memenuhi menu makanan sehat dengan gizi seimbang untuk konsumsi anak-anak kita,” terang Ratna.

Dalam hal ini, katanya, konsep Isi Piringku merupakan pedoman dasar dalam menyuguhkan satu porsi makanan bagi bayi dan balita, yang isinya terdiri dari 50 persen buah dan sayur, serrlta 50 persen lagi berupa protein dan karbohidrat.

Sebaliknya Ratna turut mengingatkan masyarakat, khususnya para orangtua, agar lebih memperhatikan porsi dan jenis makanan ideal bayi dan anak, dengan mempertimbangkan umur, asupan gizi, kebutuhan energi, dan penyesuaian aktivitas anak.

“Ingat, makanan berprotein tinggi sangat dianjurkan untuk konsumsi bayi dan balita, mengingat mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Hanya saja para orangtua harus cermat menghitung nilai gizi makanan, serta membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak bagi bayi dan anaknya,” seru Ratna. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Nyedot Sabu, Keenam Pria Ini Diciduk Polisi

BINJAI – Belum selesai nyedot sabu-sabu, keenam pria ini sudah keburu diciduk ...