Home / Kabar Sumut / Porkot Binjai Diprogramkan Sekali dalam Setahun

Porkot Binjai Diprogramkan Sekali dalam Setahun

BINJAI – Sebagai upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas atlet di seluruh cabang olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Binjai memprogramkan pelaksanaan Pekan Olahraga Kota (Porkot) sekali dalam setahun, mulai 2021 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum KONI Kota Binjai, Agus Supriantono, saat menutup Rapat Kerja KONI Kota Binjai 2020 di The Heritage Resort and Restaurant, Bukitlawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Selasa (10/11/2020) malam.

“Dengan dilaksanakannya Porkot setiap tahun, tentu saja akan ada pemerataan kualitas dan kuantitas atlet di seluruh kecamatan, serta ikut mendorong peningkatan kualitas sarana-prasarana olahraga.

Sehingga kita optimis, prestasi olahraga Kota Binjai akan terdongkrak, minimal kita masuk urutan tiga besar Sumatera Utara,” serunya.

Dikatakan Agus, pelaksanaan Porkot merupakan sarana yang penting dalam mendukung peningkatan kompetensi para atlet, pelatih, dan perangkat pertandingan, termasuk klub, mengingat masih minimnya kuantitas dan kualitas kompetisi olahraga, terlebih setelah adanya pandemi Covid-19.

Untuk mendukung hal ini, diakuinya KONI Kota Binjai telah merancang sejumlah program strategis di 2021, mulai dari pengadaan aponsor, hingga pengajuan peningkatan kualitas sarana dan prasarana olahraga, peningkatan sumber daya manusia SDM) pelatih dan perangkat pertandingan, pengadaan sponsor, serta pembentukan peraturan daerah (perda) keolahragaan kepada Pemerintah Kota Binjai.

Di sisi lain, kata Agus, untuk mendongkrak antusiasme dan rasa percaya diri seluruh elemen olahraga, KONI Kota Binjai juga ikut merancang beberapa program untuk peningkatan kesejahteraan dan masa depan atlet berprestasi, serta mengintensifkan pendidikan dan pelatihan bagi pelatih dan perangkat pertandingan.

“Tentu saja untuk mendukung seluruh program ini, KONI Kota Binjai akan lebih meningkatkan sinergitas dan kerjasama dengan pemerintah, swasta, dan seluruh pihak terkait, termasuk KONI Sumatera Utara,” ujar Agus, didampingi Sekretaris dan Bendahara Umum KONI Kota Binjai, Yusdi Ghazali dan Edi Purnomo.

Sebelumnya, Walikota Binjai, Muhammad Idaham, melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadis Pora) Kota Binjai, Nani Sundari, saat membuka Rapat Kerja KONI Kota Binjai 2020, sangat berharap kegiatan tersebut menjadi langkah awal suksesi program pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga Kota Binjai pada 2021.

Secara khusus dia turut mengingatkan seluruh pengurus cabang olahraga anggota KONI Kota Binjai agar segera memberikan database atlet, pelatih, dan wasit, serta melengkapi informasi terkait alamat kantor sekretariat, struktur pengurus, jumlah klub atau perguruan, sarana-prasarana latihan atlet, legalitas kelembagaan, dan kelengkapan administrasi lain, guna memudahkan Pemerintah Kota Binjai dan KONI Kota Binjai menyaluran dana hibah dan bantuan sarana olahraga.

“Kenapa saya minta pengcab melengkapi hal-hal ini? Sebab saya tidak ingin laporan keuangan atas dana hibah yang disalurkan Dispora dan KONI untuk pengcab, tidak menuai polemik. Dan masalah di kemudian hari.

Selain itu, saya juga minta pengajuan itu dibuat dalam bentuk RKA,” ungkap Nani, yang hadir bersama Sekretaris Dispora Kota Binjai, Niswansyah.

Sementara itu, Ketua Panitia Rapat Kerja KONI Kota Binjai 2020, Basri Sitohang, dalam laporannya menyatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rapat kerja perdana pengurus KONI Kota Binjai masa bakti 2020-2024, serta diikuti 28 pengurus cabang olahraga.

Dia berharap pelaksanaan Rapat Kerja KONI Kota Binjai 2020 menghasilkan ide dan masukan-masukan positif untuk menjamin terlaksananya program-program strategis KONI Kota Binjai, baik dalam hal pembinaan, serta peningkatan prestasi dan roda kompetisi.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Dispora Kota Binjai, karena telah mendukung dan memfasilitasi seluruh agenda dan program KONI Kota Binjai pada 2020 ini.

Kami berharap kerjasama ini dapat terus terbina dengan baik, sehingga prestadi olahraga Kota Binjai ikut terdongkrak,” ujar Basri. (dika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubsu Dan Wagubsu Pantas Terima Award Sahabat Pers

MEDAN – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut optimis keterbukaan informasi dan ...