Home / Kabar Sumut / Bakamla RI Kembangkan Desa Maritim Silaubaru di Asahan

Bakamla RI Kembangkan Desa Maritim Silaubaru di Asahan

ASAHAN – Direktur Kerjasama Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), Laksma Bakamla Retiono Kunto H SE, melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Senin (26/10/2020).

Kunjungan ini merupakan progres awal kerjasama pemberdayaan desa maritim, sesuai perjanjian kerjasama antara Bakamla RI dan Pemkab Asahan Nomor: SP-027/BAKAMLA/IX/2019 dan Nomor: 523/3505 tanggal 18 September 2019, tentang Pembentukan Pemberdayaan Desa Maritim di Wilayah Perairan Asahan.

Kedatangan Direktur Kerjasama Bakamla RI beserta rombongan disambut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Asahan, Drs Bambang Hadi Suprapto, dalam pertemuan yang digelar di Kantor Bupati Asahan.

Hadir, Kpala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan, Camat Silaulaut, serta Kepala Desa Silaubaru.

Direktur Kerjasama Bakamla RI, Laksma Bakamla RI Retiono Kunto H SE, mengatakan, Bakamla merupakan lembaga pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden.

Bakamla memiliki tugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia, sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 32 Tahun 2014 tentang Kelautan, dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 178 Tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut.

“Guna mengoptimalisasikan tugas pokok Bakamla dalam menjaga keamanan dan keselamatan di laut, maka diperlukan dukungan kerjasama dan sinergitas antar instansi, termasuk dengan pemerintah daerah dan masyarakat pesisir,” terang Retiono.

Dia mengakui, kerjasama pengembangan desa maritim Bakamla di Desa Silaubaru merupakan wujud nyata tugas dan fungsi Bakamla RI.

Di desa tersebut, Bakamla RI akan melakukan penyuluhan terkait kesehatan, lingkungan, dan pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah pesisir.

Selain itu, lanjut Retiono, pihaknya pun akan melaksanakan pelatihan pengolahan hasil laut oleh para praktisi usaha kecil dan menengah (UKM) dan pelatihan kreativitas anak muda dari Tim Kreatif Anak Sumut Production.

Guna mendukung kegiatan itu, Bakamla RI akan menyerahkan bantuan buku dan rak buku untuk Taman Literasi sebagai tindaklanjut kerjasama dengan Perpusnas, serta bantuan blender dan mesin sealer kepada masyarakat.

“Harapan kami, masyarakat Desa Maritim Silaubaru mengikuti penyuluhan ini dengan sungguh-sungguh. Sehingga dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang bermanfaat,” seru Rentiono.

Sebelumnya,Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Asahan, Drs Bambang Hadi Suprapto, mengapresiasi kunjungan kerja Direktur Kerjasama Bakamla RI dalam mengawali kerjasama pembentukan dan pemberdayaan desa maritim di Kabupaten Asahan.

“Pemerintah Kabupaten Asahan sendiri sangat mendukung kerjasama ini, mengingat hal ini diharapkan dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Bambang.

Secara khusus dia mengakui, Dinas Perikanan Kabupaten Asahan telah membuat Rencana Zonasi Rinci Wilayah Perairan dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) di Kecamatan Silaulaut pada 2013 dan RZWP3K Kabupaten Asahan pada 2014 silam.

Dalam hal ini Bambang menyebut, rencana zonasi tersebut telah masuk dalam RZWP3K Provinsi Sumatera Utara dan telah disahkan melalui Perda Provinsi Sumatera Utara.

“Intinya, rencana zonasi tersebut dapat menjadi masterplan pengembangan selanjutnya dari Bakamla RI selaku Badan Pembina Teknis Desa Maritim Silaubaru,” ungkapnya.

Di akhir pertemuan itu, Direktur Kerjasama Bakamla RI, Laksma Retiono Kunto H SE, menyerahkan secara simbolis bantuan buku dari Perpusnas kepada Pemkab Asahan, yang diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdako Asahan, Drs Bambang Hadi Suprapto. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubsu Dan Wagubsu Pantas Terima Award Sahabat Pers

MEDAN – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut optimis keterbukaan informasi dan ...