Home / Kabar Sumut / Pekan Depan, Urus Akta Kelahiran Dapat Dilakukan di Kantor Camat

Pekan Depan, Urus Akta Kelahiran Dapat Dilakukan di Kantor Camat

ASAHAN – Sebagai upaya memperluas cakupan pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pemcatatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Asahan melaksanakan percepatan pembuatan akta kelahiran bagi anak umur 0 hingga 18 tahun pada masing-masing kecamatan se-Kabupaten Asahan.

“Jadi, untuk percepatan peningkatan cakupan pelayanan pembuatan akta kelahiran sudah kita jadwalkan dan dilaksanakan setiap kecamatan.

Tentunya hal ini akan mempermudah masyarakat membuat akta kelahiran bagi anak-anaknya,” terang Supriyanto, Kamis (15/10/2020) sore Menurut Supriyanyo, jadwal pelayanan pembuatan akta kelahiran akan dilaksanakan mulai pekan depan, yakni terhitung sejak 19 Oktober hingga Jumat 13 November 2020 di kantor camat sesuai domisili pemohon.

Adapun persyaratan pembuatan dan penerbitan akta kelahiran bagi anak yang belum terdaftar di dalam kartu keluarga antara lain, pemohon harus melampirkan bukti kelahiran atau surat keterangan lahir anaknya, buku nikah atau kutipan perkawinan atau bukti lainnya yang sah, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elekronik (KTP-e) orangtua, yang seluruhnya terdiri dari dokumen asli maupun fotokopi.

Persyaratan administrasi serupa juga berlaku dalam pengajuan pembuatan dan penerbitan akta kelahiran untuk anak yang telah terdaftar dalam KK tetapi belum memiliki KTP-e.

“Kita persilahkan warga pemohon pembuatan akta kelahiran untuk datang ke kantor pelayanan kependudukan yang ada di masing-masing kecamatan.

Jangan lupa membawa dan melengkapi seluruh persyaratan administrasi yang dibutuhan, termasuk map,” terang Supriyanto. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

30 ASN di Asahan Uji Penyesuaian Kenaikan Pangkat

ASAHAN – Sebanyak 30 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten ...