Home / Kabar Sumut / Asahan Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Asahan Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan menambah ruang isolasi untuk mendukung penanganan pasien Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Hal ini menyikapi peningkatan kasus pasien terkofirmasi positif di Kabupaten Asahan dan terbatasnya kapasitas ruang rawat inap di RSUD Haji Abdul Manan Simatupang (HAMS), Kisaran.

“Sudah ada penambahan beberapa ruangan dan tempat tidur untuk pasien Covid-19,” ungkap Direktur RSUD HAMS, Kisaran, dr Edi Iskandar Nainggolan, Selasa (13/10/2020).

Edi mengakui, saat ini RSUD HAMS, Kisaran, telah menambah sebanyak 14 tempat tidur pasien di ruang isolasi. Selain itu, pihaknya turut pula menerapkan zona khusus di areal perawatan pasien Covid-19.

Selain digunakan untuk menampung pasien Covid-19, ruangan ini juga digunakan untuk mengisolasi beberapa tenaga medis dan perawat di lingkungan RSUD HAMS, Kisaran, yang sempat dinyatakan reaktif Covid-19.

Beruntung menurut Edi, sebagian besar tenaga medis dan perawat tersebut sudah dinyatakan nonreaktif. Sedangkan sebagian lagi masih tetap melakukan prosedur isolasi.

“Hal ini semata-mata kita lakukan untuk menghindarkan penyebaran dan infeksi Virus Corona itu sendiri,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, yang juga jmJuru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, H Rahmat Hidayat Siregar, mengaku, saat ini di Kabupaten Asahan telah ada 213 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurutnya, kasus terbanyak berada di Kecamatan Kisaran Timur mencapai 64 kasus, dan Kecamatan Kisaran Barat dengan 63 kasus.

Atas penaingkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 itulah, Pemerintah Kabupaten Asahan berinisiatif menyiapkan penambahan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Sebaliknya, saya tetap mengingatkan masyarakat Kabupaten Asahan untuk aktif berperanserta memutus rantai penyebaran Covid 19, utamanya dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ucap Rahmat. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kehadiran Lisa Di Perum Grand Marcapada Disambut Antusias Warga

BINJAI – Calon Walikota Binjai periode 2021-2024, Hj. Lisa Andriani Lubis, S.Psi ...