Home / Kabar Sumut / Sosialisasi Tahapan Pilkada, Mahasiswa Diminta Kawal Proses Demokrasi

Sosialisasi Tahapan Pilkada, Mahasiswa Diminta Kawal Proses Demokrasi

BINJAI – Lebih dari 30 pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai perguruan tinggi di Kota Binjai mengikuti sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, Sabtu (10/10/2020).

Acara dalam bentuk dialog terbatas itu dilaksanapan secara sederhana dengan penerapan ketat protokol kesehatan, di Kafe Kolam, Jalan Bunga Wijaya Kesuma, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai.

Dialog dipandu oleh Komisioner KPU Kota Binjai, yang juga Ketua Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia, dan Partisipasi Masyarakat, Robby Effendi Hitagalung, dengan menghadirkan mantan Komisioner KPU Kota Binjai, Chaisal Andrio, selaku narasumber.

Dalam penjelasannya, Chaisal Andrio, mengajak kalangan milenial Kota Binjai, khususnya para mahasiswa, agar menjadi garda terdepan dalam mengawal pelaksanaan Pilkada Kota Binjai 2020, demi mewujudkan pemilihan yang demokratis dan bermartabat.

Dia juga meminta, para mahasiswa memanfaatkan fasilitas Rumah Pintar Pemilu dari KPU Kota Binjai untuk menambah wawasan dan pemahaman soal demokrasi dan pemilihan.

“Tugas mahasiswa bukan hanya menggunakan hak pilih pada 9 Desember mendatang. Tapi mahasiswa harus mampu tampil sebagai garda terdepan mengawal proses demokrasi. Caranya, dukung dan awasi kinerja KPU dan proses pemilu, agar berjalan sesuai aturan,” ujar Chaisal.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia, dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Binjai, Robby Effendi Hitagalung, mengajak kaum milenial, khususnya mahasiswa, untuk tampil sebagai duta anti hoax dan duta penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada pelaksanaan Pilkada Kota Binjai 2020.

Sebab dia mengakui, pandemi Covid-19 menyebabkan teknis dan mekanisme pelaksanaan tahapan Pilkada berbeda dari periode sebelumnya, sekaligus menjadikan teknologi informasi dan media sosial sebagi sarana komunikasi yang paling diandalkan.

“Melalui diskusi ini, tentunya kami sangat berharap, rekan-rekan mahasiswa lebih memahami teknis, tahapan, dan regulasi terkait pilkada, serta mensosialisasikan seluruh hal itu kepada rekan-rekan sesama mahasiswa dan masyarakat Kota Binjai,” ungkap Robby. (dika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Buka Turnamen Volley Marcapada CUP I

BINJAI – Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi secara resmi membuka Turnamen ...