Home / Kabar Sumut / APK, Debat Publik dan Iklan, KPU : Sudah Rampung

APK, Debat Publik dan Iklan, KPU : Sudah Rampung

BINJAI – Alat Peraga Kampanye (APK) Pilkada 2020 yang difasilitasi oleh KPU Binjai telah tersedia. Rencananya APK itu akan diserahterimakan langsung kepada Tim Penghubung Pasangan Calon, besok, Jumat (9/10).

“Akan diserahkan dan akan dituangkan dalam berita acara penyerahan,” kata Ketua KPU Binjai Zulfan Effendi menjawab wartawan, kemarin (8/10) di kantornya Jalan Gatot Subroto Binjai.

APK yang diserahkan untuk keseluruhan paslon diantaranya Spanduk 222 buah, Baliho 15 buah, Umbul-umbul 300 buah.

Ia mengatakan sesuai dengan regulasi, APK yang difasilitasi KPU itu mencakup umbul-umbul sebanyak 20 per kecamatan untuk setiap paslon . Untuk Baliho 5 per paslon untuk se kota Binjai dan spanduk 2 per kelurahan untuk setiap paslon.

Selain APK, KPU Kota Binjai juga memfasilitasi Bahan Kampanye yang terdiri dari Poster, Pamflet, Brosur dan Selebaran. Paslon juga dapat mencetak Bahan Kampanye lainnya dapat berupa alat pelindung diri seperti masker dan cairan pembersih tangan.

“Parpol, paslon atau tim kampanye dilarang mencetak dan menyebarkan APK selain dalam ukuran, jumlah dan lokasi yang telah ditentukan oleh KPU,” ucap Zulfan.

Debat Publik

Hal lain yang sedang disiapkan KPU Binjai terkait masa kampanye, Ketua Divisi SDM Parmas KPU Binjai Robby Effendi terkait Debat Publik dan pemasangan iklan kampanye di media massa.

Sama kita ketahui sesuai regulasi dan juknis kampanye, debat publik ini bertujuan menggali lebih dalam profil, misi, visi dan program kerja para pasangan calon. “Tentu saja kegiatan ini wajib ikut protokol kesehatan penanganan covid-19, kepada paslon agar tidak membawa massa atau melakukan pengerahan massa ke lokasi acara,” kata Robby.

“Maka sesuai juknis, yang hadir di dalam kegiatan debat itu hanya pasangan calon, 4 orang tim kampanye paslon, 2 orang Bawaslu, 5 orang anggota KPU,” sebut Robby. Selain itu mungkin ada moderator, tim sekretariat KPU dan kru dari pihak lembaga penyiaran.

Iklan Kampanye

Sedangkan untuk iklan kampanye di media massa yang difasilitasi KPU, KPU Binjai juga telah menyurati pasangan calon agar segera memberikan desain materi sebelum batas akhir penyerahan.

Kita ketahui untuk tahapan kampanye iklan di media massa, cetak dan elektronik akan dimulai 22 November hingga 5 Desember. “Dari juknis yang ada paslon harus menyerahkan desain itu 14 hari sebelum tahapan kampanye iklan di media massa dimulai,” ucap Robby.

KPU Kota Binjai berharap, keseluruhan paslon agar mematuhi tengat waktu yang ditetapkan, agar proses pemasangan iklan di media massa dapat dilakukan tepat waktu, tepat jadwal dan tepat regulasi. (dian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kehadiran Lisa Di Perum Grand Marcapada Disambut Antusias Warga

BINJAI – Calon Walikota Binjai periode 2021-2024, Hj. Lisa Andriani Lubis, S.Psi ...