Home / Kabar Sumut / Walikota Binjai Panen Padi Berbasis Organik

Walikota Binjai Panen Padi Berbasis Organik

BINJAI – Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi memimpin langsung panen padi berbasis organik pada lahan persawahan yang dikelola Kelompok Tani Subur, di Kelurahan Sumberkarya, Kecamatan Binjai Timur, Senin (05/10/2020).

Kegiatan dihadiri perwakilan Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan, Sudiwan Situmorang SPMP, Wakil Ketua DPRD Kota Binjai, M Syarif Sitepu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Ketapang) Kota Binjai, Ir Agustawan Karnajaya, serta Ketua Kelompok Tani Subur, Ir Junaidi.

Dalam keterangannya, Idaham mengapresiasi Kelompok Tani Subur, karena mampu menghasilkan produk tanaman pangan dengan nilai ekonomis tinggi dan berkualitas.

Sebaliknya dia turut berharap para petani di Kota Binjai tampil lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk tanaman pangan yang berkualitas, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Apalagi Pemerintah Kota Binjai akan terus memberdayakan lahan-lahan yang dapat dipergunakan untuk pengembangan program ketahanan pangan di Kota Binjai, agar produksi pangan dapat terus ditingkatkan.

“Harapan kita, petani kita tidak hanya menjual padi. Tapi menjual beras organik yang langsung siap diantar ke swalayan-swalayan,” terang Idaham.

Perwakilan Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan, Sudiwan Situmorang SPMP, mengatakan, aset kostratani mencapai 1.386 hektare atau 1,4 persen untuk wilayah Kota Binjai dan berada pada peringkat pertama.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Binjai, HM Syarif Sitepu, mengaku, akan terus mengawal dan menjamin alokasi anggaran dalam menunjang program intensifikasi dan peningkatan mutu produk ertanian.

“Padi organik merupakan terobosan baru yang patut kita apresiasi. Sebab pentinh bagi kita untuk mengkonsumsi makanan pokok tanpa pestisida,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai, Agustawan Karnajaya, menyampaikan harapannya agar beras organik memiliki sertifikat khusus, demi mendongkrak harga dan kepercayaan pasar. (vida)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lisa Sosok Pemimpin Yang Familiar dan Murah Senyum

BINJAI – Tak kenal maka tak cinta, itulah pribahasa yang diucapkan Hj. ...