Home / Kabar Sumut / Binjai Siap Kembangkan Budidaya Ayam KUB

Binjai Siap Kembangkan Budidaya Ayam KUB

BINJAI – Demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi, siap mengembangkan budidaya Ayam Kampung Unggul Balitbang (KUB) di Kota Binjai.

Hal tersebut disampaikan Walikota Binjai saat menerima audiensi dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera Utara, di Ruang Binjai Command Center (BCC), Kamis (01/10/2020).

Idaham mengatakan, budidaya ayam KUB sangat potensial unyuk dikembanhkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Binjai, terutama dimasa pandemi Covid-19.

Tentu saja rencana tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat Kota Binjai.

“Jadi nanti, tidak hanya dagingnya saja yang akan kita produksi. Telurnya juga kita akan pasarkan hingga ke luar daerah,” ungkap Idaham.

Sesuai rencana awal, dia mengaku, akan dibudidayakan 3 ribu ayam KUB di Kota Binjai. Atas dasar itu, pihaknya memohon bimbingan dan arahan BPTP Provinsi Sumatera Utara agar hasil. Yanh ducapai maksimal.

Harapan kami, program ini akan menghasilkan ayam kampung unggul dan memiliki nilai jual yang baik. Sehingga ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Idaham.

Kepala BPTP Provinsi Sumatera Utara, Dr Khadijah El Remija SP MP, menyambut baik dan mendukung rencana Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi.

“Saran saya, bapak siapkan dulu tempat atau lahannya. Apa-apa saja yang diperlukan nanti, kami siap turunkan tim yang ahli dan berkompeten tentang pengembangan ayam KUB ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Penanggungjawab budidaya ayam KUB, Sri Haryani Sitindaon, menjelaskan ayam KUB merupakan hasil seleksi ayam kampung selama enam generasi.

“Dibandingkan dengan ayam kampung biasa, ayam KUB memiliki pertumbuhan yang jauh lebih cepat dan lebih tahan terhadap serangan penyakit,” ucapnya. (vida)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peringatan HKN, Pemkab Asahan Beri Tali Kasih ke 60 Purna ASN

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, Sumatera Utara, memberikan tali kasih kepada ...