Home / Kabar Sumut / Walikota Binjai Apresiasi Andil Politeknik Medan

Walikota Binjai Apresiasi Andil Politeknik Medan

BINJAI – Pemerintah Kota Binjai menjadikan transformasi digital sebagai solusi di tengah pandemi covid-19. Salah satu contohnya ialah penggunaan aplikasi Sistem Informasi Guru Mengajar (SIGUM), sebagai solusi pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan secara daring.

Menariknya, Politeknik Medan (Polmed) memiliki peran dan andil penting bagi Pemerintah Binjai untuk dapat meraih predikat kota cerdas tingkat nasional, mengingat Aplikasi SIGUM dibuat oleh mahasiswa Politeknik Medan.

Hal tersebut disampaikan Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi, saat memberikan kuliah perdana dan temu ramah mahasiswa tahun angkatan 2020/2021 Politeknik Medan, di gedung perguruan tinggi terkait, Jalan Almamater, Padang Bulan, Medan, Kamis (10/09/2020).

“Aplikasi SIGUM ini dibuat oleh adik-adik kita mahasiswa Polmed, dan kita sudah melaksanakan pelatihan penggunaan Aplikasi SIGUM kepada 1.000 guru, mulai dari tingkat SMA, SMP, SD, hingga PAUD, agar mereka bisa mengajar secara daring,” ungkap Idaham.

Merunut ke belakang, dia pun menceritakan perjalanan Kota Binjai bertransformasi menjadi sebuah kota cerdas melalui pengembangan konsep digitalisasi pelaksanaan sistem birokrasi, dan pelayanan publik.

Dalam hal ini, kata Idaham, Pemerintah Kota Binjai melakukan kolaborasi dengan Politeknik Medan dan PT Telkom, mulai dari tahap perencanaan, pembangunan Binjai Command Center (BCC), hingga pembuatan puluhan aplikasi, termasuk SIGUM. Bahkan Binjai Command Center tampil menjadi yang terbaik di Sumatera Utara.

“Semua aplikasi tersebut adalah hasil kerja dosen dan mahasiswa Polmed. Kami sendiri tidak pernah membeli aplikasi karena semua itu dibangun secara in house,” terangnya.

Atas dasar itu Idaham mengharapkan, para mahasiswa Politeknik Medan memiliki rasa kebanggaan terhadap kampusnya, mengingat Politeknik Medan memiliki kontribusi membangun konsep kota cerdas di Sumateta Utara.

“Bagi kami, hal ini jelas menunjukan bahwa kemampuan sumber daya manuisa yang dihasilkan Polteknik Medan cukup mumpuni,” ujarnya.

Kuliah perdana Politeknik Medan turut dihadiri pihak rektorat, para ketua jurusan, perwakilan alumni, senat mahasiswa, dan para perwakilan orangtua mahasiswa.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan dengan penerapan ketat protokol kesehatan pemlncegahan Covid-19, serta turut disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube “Humas Polmed”. (vida)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Buka Turnamen Volley Marcapada CUP I

BINJAI – Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi secara resmi membuka Turnamen ...