Home / Kabar Sumut / Kenduri Laut, Tradisi Masyarakat Pesisir yang Wajib Dilestarikan

Kenduri Laut, Tradisi Masyarakat Pesisir yang Wajib Dilestarikan

ASAHAN – Kenduri laut merupakan tradisi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir atau tepi laut dan biasa dilakukan secara turun-temurun.

Karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat pesisir, maka hal yang wajar jika kenduri laut menjadi tradisi yang harus terus dilestarikan.

Demikian diungkapkan Bupati Asahan, H Surya, saat hadir membuka acara kenduri laut dengan masyarakat nelayan Pulau Burung, Desa Silobaru, Kecamatan Silaulaut, Minggu (06/09/2020).

Secara khusus Surya menyatakan, Kabupaten Asahan sendiri memiliki potensi ekonomi yang luar biasa besar dari sektor kelautan.

Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten Asahan senantiasa mendukung upaya pengembangan sektor kelautan demi meningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir, khususnya nelayan.

Bahkan beberapa waktu lalu, terang Surya, Pemerintah Kabupaten Asahan juga sudah memberikan hibah kapal patroli kepada Polres Asahan, sebagai upaya memaksimalkan pengawasan di wilayah perairan.

“Ini juga sebagai upaya kita mengontrol eksplotasi hasil lait dan menjaga ekosistem perairan di Kabupaten Asahan”, terang Surya, yang hadir bersama (Plh) Sekdakab Asahan, Dia Jhon Hardi Nasution.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Pesisir Kabupaten Asahan, H Ibrahim, mengatakan, kenduri laut merupakan tradisi dua tahunan yang digelar sebagai wujud syukur kepada Tuhan.

Dalam kegiatan ini, masyarakat pesisir turut melakukan doa bersama agar senantiasa diberikan Tuhan rezeki berlimpah, keselamatan, serta dijauhkan dari musibah dan bencana.

”Secara khusus, kami juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan agarlebih memperhatikan nasib para nelayan dan menerapkan program khusus untuk melestarikan ekosistem perairan,” ujar Ibrahim.

Kenduri laut di Desa Silobaru sendiri ditandai dengan resepsi pemotongan limau dan penyembelihan kambing, disaksikan para tokoh adat dan ratusan warga setempat. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

30 ASN di Asahan Uji Penyesuaian Kenaikan Pangkat

ASAHAN – Sebanyak 30 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten ...