Home / Kabar Sumut / SMSI Binjai-Langkat Akan Segera Dibentuk

SMSI Binjai-Langkat Akan Segera Dibentuk

BINJAI – Media ciber adalah adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta harus memenuhi persyaratan undang-undang pers dan standar perusahaan pers yang ditetapkan dewan pers.

Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, UUD 1945, dan deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB.

Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bahagian dari kemerdekaan berpendapat, berekspresi dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus, sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak dan kewajibannya, sesuai undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers dan kode etik jurnalistik.

Berpedoman akan pentingnya keberadaan media siber, Zainal Fahri salah satu pemilik media siber di Kota Binjai, berkeinginan untuk membentuk Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Binjai-Langkat (BiLang).

Dimana nantinya komumitas tersebut menangungi seluruh media siber yang ada di daerah Binjai-Langkat, bertujuan agar semua pemilik media siber dapat mempunyai legalitas yang sama dalam hal hukum, dan sebagai wadah bersilaturahmi, serta berbagi ilmu antara sesama pemilik media siber.

Dikatakannya, dalam waktu dekat SMSI Binjai-Langkat akan segera dibentuk dan dikukuhkan. Untuk itu ia mengimbau kepada seluruh pemilik media siber yang ada di Binjai dan Langkat untuk segera mendaftarkan dari dan bergabung di SMSI BiLang.(vida)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SEKDA Pimpin LPTQ Kota Binjai Periode 2018 – 2023

Walikota Binjai Muhammad Idaham secara resmi resmi melantik pengurus Lembaga Pengembang an ...